Manfaat Dibalik Menangis

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Manfaat Dibalik Menangis

Menangis membuat 9 dari 10 orang merasa lebih baik, mengurangi stres dan bisa membuat badan menjadi lebih segar. Menurut penelitian, menangis sangat efektif untuk penyembuhan dan 88,8 persen orang yang menangis merasa mood-nya meningkat.

Terdapat manfaat lain dibalik menangis seperti yang dilansir okezone. Check it out !

Air Mata dapat Membunuh Bakteri

Air mata mengandung anti-bakteri berkat lysozyme, enzim yang memakan dinding sel kuman yang dapat membuat mata terinfeksi. Lysozyme dilaporkan dapat membunuh 90-95 persen bakteri dalam hitungan menit.

Membuat Anda Lebih Baik

Menangis secara ilmiah dapat membuat tubuh Anda lebih baik. Menangis mengurangi kadar mangan dalam tubuh Anda. Mangan adalah mineral yang memberikan efek pada mood dan banyak ditemukan terkandung dalam air mata dibanding serum darah. Artinya, terlalu banyak mangan dalam tubuh dapat menyebabkan rasa gelisah, agresi, lelah dan gugup. Menangis akan menurunkan level mangan dan secara otomatis membuat mood Anda menjadi lebih baik.

Meringankan Stres Pada Tubuh

Air mata Anda dapat membuang racun dan senyawa yang membuat stres dari tubuh Anda seperti prolactin, hormon adrenocorticotropic dan leucine-enkaphalin.

Membuat Anda Melihat Lebih Jelas

Air mata membuat mata kita dapat melihat lebih jelas dengan memberikan cairan pada bola mata dan kelopak mata, dan mencegah selaput kelenjar air mata kita terkena dehidrasi.

Membuat Mata Terlihat Indah

Setelah menangis, mata Anda juga menjadi berbinar dan terlihat lebih bersih yang membuatnya menjadi lebih indah dilihat.

Menghindarkan Anda dari Berbagai Penyakit

Menurut Dr. William H. Frey II, PhD, direktur dari Alzheimer's Research Center di Rumah Sakit St. Paul, Minnesota, menahan air mata dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, menyebabkan tekanan darah semakin tinggi dan berbagai macam komplikasi jantung lainnya. Sementara dari segi mental, menahan air mata dapat mengarahkan Anda ke depresi.

Nah, jadi jangan ragu lagi untuk menangis. Ketika Anda mengalami hari yang membuat stres dan membuat Anda lelah secara mental, pulang ke rumah dan menangis di atas tempat tidur Anda, bisa menjadi obat yang mujarab. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});