Manfaat Diet Vegetarian bagi Penderita Stroke Tertentu
ilustrasi

Manfaat Diet Vegetarian bagi Penderita Stroke Tertentu

Selasa, 7 Apr 2020 | 12:55 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Stroke merupakan salah satu penyakit yang memiliki angka kematian yang cukup tinggi di Indonesia. Berbagai upaya sebenarnya dapat dilakukan untuk mencegah penyakit yang dapat menimbulkan kerusakan otak ini terjadi pada seseorang, seperti menjalani diet sehat. Faktanya, salah satu diet yang ternyata disebut-sebut dapat menurunkan risiko stroke adalah diet vegetarian

Lantas, apa yang membuat pola makan yang juga disebut sebagai diet nabati ini cocok untuk mengurangi risiko stroke?

Bagaimana diet vegetarian menurunkan risiko stroke?

image0

Siapa yang tak kenal kata ‘vegan’ atau ‘vegetarian’? Istilah yang dikenal sejak tahun 1800-an ini memiliki prinsip untuk menghindari konsumsi daging dan makanan berasal dari hewan, seperti sapi, ikan, dan unggas. 

Umumnya, diet vegetarian hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan, yaitu gandum, kacang-kacangan, hingga buah dan sayur. Ada segudang khasiat dari diet vegetarian ini dan salah satunya ternyata disebut-sebut dapat menurunkan risiko stroke. 

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa diet vegan mungkin tidak cocok untuk semua jenis stroke, sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan soal pola makan ini. 

Sebelumnya, pada 2019 terdapat sebuah penelitian dari British Journal Medicine yang menunjukkan pengaruh diet vegan terhadap penyakit jantung. 

Dalam penelitian tersebut terlihat bahwa orang yang sering makan ikan dan vegetarian memiliki risiko penyakit jantung yang rendah dibandingkan pemakan daging. kabar buruknya adalah vegetarian ternyata lebih berpotensi terkena stroke hemoragik. 

Oleh karena itu, dari penelitian tersebut terbukti bahwa tidak semua jenis stroke sesuai dengan diet vegetarian. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...