Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan Tubuh

Rusmanto
Rusmanto

Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan Tubuh ilustrasi
Winnetnews.com -  Penggunaan obat herbal udah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Salah satu jenis obat herbal yang sudah umum digunakan di Indonesia adalah ginkgo biloba. Suplemen ginkgo biloba adalah suplemen yang diekstrak dari daun ginkgo biloba. Berikut adalah hal yang harus diketahui tentang pengobatan alternatif dengan ginkgo biloba!

Apa Itu Ginkgo Biloba?

Ginkgo biloba adalah salah satu herbal yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Suplemen ginkgo biloba diolah dari daun ginkgo biloba yang dikeringkan.

Pohon ginkgo merupakan salah satu spesies pohon tertua di dunia. Pohon ini bahkan dianggap sebagai “fosil hidup”, karena umurnya yang sudah sangat tua. Bahkan di Cina, terdapat pohon ginkgo biloba yang dipercaya sudah berumur 2.500 tahun.

Keunggulan ginkgo biloba adalah kandungan antioksidan yang tinggi dan juga sifat antiinflamasinya.

Manfaat Ginkgo Biloba

Biji dan daun ginkgo biloba digunakan dalam pengobatan Cina tradisional. Hingga kini ginkgo biloba masih digunakan sebagai herbal dan kini bagian yang umum digunakan adalah bagian daunnya.

Berikut adalah berbagai manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Kesehatan Jantung

Manfaat ginkgo biloba yang pertama adalah dapat meningkatkan aliran darah ke berbagai organ tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan penggunaan ginkgo biloba pada penderita penyakit jantung dapat meningkatkan aliran darah dari jantung ke bagian tubuh lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nitrit oksida yang bersirkulasi dalam darah, senyawa ini bertanggung jawab dalam melebarkan pembuluh darah.

Manfaat ginkgo biloba yang dapat meningkatkan aliran darah ini membuat ginkgo biloba dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

2. Mengatasi Peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap cedera maupun serangan zat asing yang berbahaya.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ginkgo dapat mengurangi tanda-tanda peradangan pada sel manusia pada hewan yang disebabkan oleh berbagai penyakit. Beberapa jenis peradangan yang terbukti dapat dikurangi dengan penggunaan ginkgo biloba adalah seperti:

  • Radang sendi
  • Radang iritasi usus
  • Kanker
  • Penyakit jantung
  • Stroke

3. Mengatasi Kecemasan dan Depresi

Ginkgo biloba juga dipercaya dapat membantu mengatasi kecemasan dan depresi.

Beberapa penelitian menunjukkan ginkgo biloba dapat membantu mengurangi kecemasan. Hal ini diduga karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Ginkgo biloba juga dipercaya dapat membantu depresi. Sifat antiinflamasinya dari tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk dapat mengatasi tingkat hormon stres yang tinggi.

4. Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain

Pada dasarnya, penelitian tentang manfaat ginkgo biloba untuk mengatasi sakit kepala dan migrain masih sangat sedikit.

Namun apabila dikaitkan dengan penyebab sakit kepala dan migrain, terdapat kemungkinan bahwa herbal satu ini dapat membantu, karena pada sakit kepala dan migrain sering kali merupakan gejala penyakit tertentu.

Apabila sakit kepala atau migrain disebabkan oleh stres atau kondisi yang terkait dengan penyempitan pembuluh darah, ginkgo biloba mungkin dapat membantu.

Apa Reaksi Kamu?