Manfaat Jahe untuk Ibu Menyusui
ilustrasi

Manfaat Jahe untuk Ibu Menyusui

Senin, 11 Jan 2021 | 13:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Semua cara dilakukan agar air susu ibu (ASI) mengalir deras dan jumlahnya melimpah. Berbagai saran makan makanan tertentu, pijat, olahraga, sampai minum ramuan alami akan dilakukan ibu agar ASI mengalir lancar.

Salah satu bahan alami yang disebut-sebut dapat melancarkan dan memperbanyak jumlah ASI adalah jahe. Lantas, benarkah jahe bisa menjadi ASI booster yang aman untuk busui dan bayi?

Benarkah Jahe Bantu Lancarkan ASI?

image0

Menanggapi hal ini, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa jahe memang bisa membantu meningkatkan produksi ASI. "Jahe mengandung galactagogue yang merupakan zat untuk membantu menstimulasi produksi ASI," ungkapnya.

Tak hanya itu, penelitian dari Thailand yang dipublikasikan oleh jurnal Breastfeeding Medicine juga mengungkapkan hal serupa.

Di dalam proses studi, peneliti menganalisis manfaat jahe terhadap volume atau jumlah ASI ibu yang baru melahirkan. Peneliti membagi 63 peserta penelitian ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diberi pil jahe, lalu kelompok kedua diberikan plasebo (obat kosong).

Artikel Lainnya: Inilah Sederet Manfaat Jahe untuk Ibu Menyusui

Setelah beberapa hari, peneliti menemukan ASI wanita yang diberikan pil jahe jumlahnya meningkat lebih banyak dibanding wanita yang diberi plasebo.

Kendati demikian, jumlah air susu ibu setelah seminggu mengonsumsi pil jahe jadi tidak jauh berbeda dengan kelompok plasebo. Kadar prolaktin (hormon menyusui) di dalam tubuh ibu yang diberi pil jahe dan plasebo pun jumlahnya hampir sama.

Penelitian tersebut turut melaporkan tidak ada efek samping dari konsumsi jahe selama masa menyusui.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...