Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan Jantung
ilustrasi

Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan Jantung

Jumat, 5 Jul 2019 | 07:40 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sudah tidak perlu diragukan, kacang kedelai menyimpan beragam khasiat sehat untuk tubuh. Bagi jantung, misalnya, sebagai salah satu organ inti yang harus senantiasa dijaga kesehatannya. Jika Anda berencana untuk menjaga kelancaran fungsi jantung atau mencari makanan untuk menunjang kesehatan jantung, kacang kedelai bisa jadi jawabannya. Yuk, simak manfaat kacang kedelai untuk kesehatan organ pemompa darah tubuh.

Kandungan nutrisi di dalam kacang kedelai

image0

Sebelum menelisik lebih lanjut mengenai manfaat kacang kedelai bagi kesehatan jantung, kurang lengkap rasanya jika tidak mengenal kandungan nutrisinya dulu.

Kedelai merupakan satu dari berbagai jenis kacang-kacangan, yang kaya akan segudang nutrisi baik. Ini terbukti dengan hadirnya 286 kalori di dalam setiap 100 gram kacang kedelai.

Bukan hanya itu, melansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, kedelai juga mengandung berbagai zat gizi lainnya. Misalnya 30,2 gram protein, 15,6 gram lemak, 30,1 gram karbohidrat, dan 2,9 gram serat. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam kacang ini juga turut memperkaya kandungan nutrisinya.

Atas dasar itulah, kacang kedelai telah dipercaya baik untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali bagi organ jantung Anda.

Berbagai manfaat kacang kedelai untuk kesehatan jantung

1. Menurunkan kadar kolesterol

Bagi Anda yang punya kolesterol tinggi dan harus lebih jeli memilih makanan, kacang kedelai bisa jadi solusinya. Sebuah penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa makan kedelai maupun produk olahannya secara rutin dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.

Ya, kedelai bisa memengaruhi kadar kolesterol total, trigliserida, hingga kolesterol “jahat” atau low-density lipoprotein (LDL). Kolesterol LDL disebut sebagai kolesterol jahat, karena bisa mengakibatkan penumpukan lemak pada arteri (pembuluh darah jantung).

Di sisi lain, kedelai juga bermanfaat untuk jantung karena dapat meningkatkan kadar kolesterol “baik” atau HDL. High-density lipoprotein (HDL) merupakan kolesterol baik yang akan membantu mengusir penumpukan kolesterol jahat pada arteri.

Penting juga untuk diketahui bahwa kacang kedelai mengandung kadar lemak jenuh yang rendah. Bahkan, kacang ini juga dikenal sebagai sumber protein, serat, dan omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...