Manfaat Kesehatan Kacang Pistachio

Manfaat Kesehatan Kacang Pistachio

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan sehat yang wajib dikonsumsi secara rutin. Beberapa jenis kacang yang umum dikonsumsi antara lain almond, kacang hijau, mede, macademia, kedelai dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Begitu pula dengan kacang pistachio yang selama beberapa tahun belakangan tengah menuai popularitas yang tinggi di seluruh dunia. Kandungan nutrisinya yang beragam bahkan membuat kacang ini disebut-sebut sebagai superfood.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak tujuh manfaat kesehatan kacang pistachio seperti yang dilansir dari laman viva.co.id. let's check it out!

1. Menyehatkan mata

Pistachio kaya akan antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein yang mampu menghapus semua zat beracun di dalam tubuh dan membantu mencegah kanker. Pistachio juga akan meningkatkan kemampuan melihat mata Anda dan mencegah degenerasi makula yang merupakan penyebab utama kebutaan.

2. Menyehatkan otak

Kacang satu ini juga kaya akan vitamin B6, yang sangat penting untuk otak. Vitamin ini mampu mencegah kerusakan otak dengan meningkatkan sirkulasi darah ke otak Anda. Tak hanya itu, mengonsumsi pistachio secara rutin juga dapat meningkatkan memori dan konsentrasi.

3. Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat luar biasa dari kacang berwarna hijau cerah ini adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan demikian, pistachio mampu mencegah risiko serangan jantung dan stroke. Tak hanya itu, kandungan nutrisi di dalamnya juga akan menghapus deposisi plak dari pembuluh darah Anda dan membuatnya fleksibel sehingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Membuat awet muda

Pistachio akan menunda penuaan dan membuat Anda awet muda. Itu karena kandungan antioksidan yang akan menghapus radikal bebas dari tubuh.

5. Memberikan energi

Dengan mengonsumsi pistachio, Anda akan mendapatkan energi. Hal tersebut dikarenakan kacang ini menyediakan seluruh nutrisi penting yang membuat Anda aktif secara mental dan fisik. Pistachio juga kaya akan serat dan asam lemak esensial.

6. Mencegah diabetes

Pistachio kaya akan kandungan fosfor yang membantu memecah protein menjadi asam amino. Asam amino ini sangat dibutuhkan untuk produksi insulin dan dengan demikian, mampu mencegah diabetes.

7. Meningkatkan sirkulasi darah

Pistachio juga bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah dan dengan demikian, membantu mendistribusikan oksigen dengan jumlah yang tepat ke seluruh tubuh. Hal ini akan membantu mencegah kerusakan organ karena semua nutrisi diangkut ke sel-sel tubuh. Pistachio juga meningkatkan jumlah darah Anda.