Manfaat Kopi untuk Penderita Asma
ilustrasi

Manfaat Kopi untuk Penderita Asma

Rabu, 3 Mar 2021 | 07:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Tahukah Anda bahwa kopi punya manfaat untuk para penderita asma? Faktanya, kandungan kafein pada kopilah yang menjadi pelaku mengapa minuman ini baik untuk asma. Mengapa demikian?

Alasan mengapa kopi memiliki manfaat untuk penderita asma

image0

Kafein atau nama lainnya adalah trimethylxanthine merupakan senyawa stimulan alami yang sering Anda temukan dalam minuman dan makanan tertentu.

Tidak hanya kopi, Anda juga bisa menemukan kafein pada cokelat, teh, dan soda. 

Kafein dikenal sebagai senyawa yang memiliki efek farmakologis, yaitu efek bronkodilator. Meski tidak terlalu kuat, efeknya bisa merilekskan otot pernapasan.

Sebenarnya, efek ini hampir sama dengan obat teofilin, yaitu jenis obat yang sering digunakan untuk mengatasi asma. 

Sebuah penelitian dari The Cochrane Collaboration mengungkapkan kafein mungkin dapat membuat saluran pernapasan lebih lancar, hingga sekitar empat jam setelah konsumsi.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang melibatkan 75 penderita asma. Mereka diminta untuk mengonsumsi kopi dan kopi bebas kafein. 

Setelah enam kali percobaan dilakukan, hasil penelitian menemukan bahwa fungsi paru-paru terlihat meningkat setelah dua jam kopi berkafein dikonsumsi. 

Meski begitu, diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan dosis aman kafein dalam minuman bagi pengidap asma.

Walaupun demikian, tidak ada salahnya bagi para penderita asma untuk minum-minuman berkafein seperti teh atau kopi untuk bantu redakan gejala. 

Akan tetapi, perlu diingat bahwa kopi atau teh bukan cara pengobatan utama untuk mengatasi asma. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...