Manfaat Lain dari Minyak Telon untuk Kesehatan

Rusmanto
Rusmanto

Manfaat Lain dari Minyak Telon untuk Kesehatan ilustrasi

Winnetnews.com - Penggunaan minyak telon sehabis mandi memang sering dilakukan oleh orang Indonesia, terutama untuk menghangatkan bayi. Akan tetapi, minyak ini mempunyai manfaat lain selain untuk menghangatkan tubuh. Simak ulasan berikut ini seputar manfaat minyak telon baik untuk orang dewasa dan bayi. 

Manfaat minyak telon yang mungkin belum Anda ketahui

Pada dasarnya, minyak telon merupakan campuran dari minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa sebagai minyak pembawa. Oleh karena itu, sifat dan manfaatnya pun tidak jauh berbeda dengan ketiga minyak tersebut, seperti:

1. Membantu melindungi dari gigitan serangga

Campuran minyak kayu putih dengan minyak lainnya pada minyak telon membuat minyak ini memiliki aroma yang kuat. Aroma yang kuat tersebut menyebabkan serangga pun enggan mendekati Anda. 

Pada tahun 2011, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak cajuput yang merupakan bahan utama dari minyak kayu putih memiliki aroma yang dapat mengusir serangga.

Maka itu, ketika Anda menggunakan minyak telon yang mengandung kayu putih, serangga pun akan enggan mendekati tubuh Anda.

2. Mengatasi masalah pernapasan

Tidak hanya untuk melindungi dari gigitan serangga, minyak telon juga punya manfaat untuk membantu mengatasi masalah pernapasan. Hal tersebut dikarenakan kandungan minyak kayu putih pada minyak telon bersifat dekongestan, sehingga membantu Anda meringankan gejala, seperti: 

  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung beringus

Maka itu, menghirup aroma minyak telon juga dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah pernapasan yang Anda alami. 

Apa Reaksi Kamu?