Manfaat Makan Kimchi untuk Kesehatan

Rusmanto
Rusmanto

Manfaat Makan Kimchi untuk Kesehatan ilustrasi
Winnetnews.com -  Bagi pecinta drama Korea, Anda pasti tidak asing dengan kimchi. Makanan khas negara ginseng ini juga mudah ditemui di banyak restoran Korea. Makanan fermentasi seperti halnya tempe dan tahu ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh. Apa saja manfaat makan kimchi bagi kesehatan tubuh?

Manfaat kimchi bagi kesehatan

Kimchi adalah asinan sayur (sawi putih dan lobak) hasil fermentasi. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu, seperti kecap ikan, bawang putih, jahe, udang kecil, dan bubuk cabai merah.

Selain dimakan langsung, kimchi juga sering dijadikan bumbu tambahan pada masakan lain, contohnya sup kimchi atau nasi goreng kimchi. Bahkan, makanan ini juga menjadi topping dan isian makanan populer seperti pizza, pancake, atau burger.

Kimchi sebenarnya tidak berbeda dengan acar yang biasanya disajikan bersama nasi goreng atau martabak, yaitu memiliki cita rasa yang asin dan asam. Hanya saja, rasa kimchi jauh lebih kuat ditambah dengan rasa pedas dari bubuk cabai.

Satu porsi kimchi (100 gram) mengandung 7 gram karbohidrat, 17 kalori, 3 gram serat dan tidak mengandung lemak.

Penasaran dengan manfaat kimchi? Berikut nutrisi dan khasiat kimchi bagi kesehatan berdasarkan studi pada Journal of Medicinal Food.

1. Mengandung bakteri yang ramah untuk usus

Makanan fermentasi populer dengan kandungan probiotiknya, yakni bakteri baik untuk sistem pencernaan. Nah, kimchi juga memiliki manfaat ini.

Dengan makan kimchi, tubuh Anda akan mendapatkan asupan probiotik yang dapat menjaga keseimbangan mikroba di usus sekaligus meningkatkan fungsi usus.

Usus yang sehat dapat menyerap nutrisi makanan lain secara maksimal. Anda mungkin berisiko lebih rendah terkena masalah sakit perut maupun diare. Kandungan serat dari makanan fermentasi ini juga menghindari Anda dari sembelit.

Apa Reaksi Kamu?