Manfaat Mangga dari Paparan Radiasi Ultraviolet
ilustrasi

Manfaat Mangga dari Paparan Radiasi Ultraviolet

Kamis, 12 Des 2019 | 12:19 | Rusmanto
Winnetnews.com - Jika kita membicarakan tentang buah mangga, maka hal pertama yang akan terpikir biasanya adalah buah yang segar dengan rasa yang manis. Tak disangka, buah ini ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, lho. Salah satunya adalah dengan mencegah paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari.

Mangga Melindungi Tubuh dari Paparan Radiasi Ultraviolet

Pakar kesehatan menyebut mangga tinggi kandungan protein, serat, vitamin A, vitamin C, asam folat, vitamin B6, vitamin K, serta potasium. Berbagai kandungan ini bisa mencegah datangnya berbagai macam masalah kesehatan sepreti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, kandungan ini juga bisa menyehatkan rambut, kulit, meningkatkan energi, dan menjaga berat badan.

Banyak orang yang tidak tahu jika mangga bisa memberikan perlindungan dari radiasi sinar ultraviolet (UV). Sebagai informasi, radiasi sinar ini bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, menyebabkan datangnya keriput, flek hitam, dan masalah kulit lainnya.

Berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa sinar matahari yang terik di siang hari bisa membuat kita terpapar radiasi ultraviolet dalam jumlah yang tinggi. Beruntung, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam mangga bisa mencegah dampak buruk ini. Bahkan, beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa ekstrak mangga bisa melawan radiasi sinar UV-B dalam menyebabkan penuaan dini pada tikus percobaan.

Tak hanya antioksidan, kandungan anti peradangan dan pendukung sistem kekebalan tubuh di dalam mangga bisa melindungi tubuh dari berbagai kerusakan dan radikal bebas dari sinar matahari.

Tak hanya daging buah mangga, kulit buah mangga juga bisa memberikan manfaat yang sama. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan di dalamnya yang tinggi seperti mangiferin, norathyriol, resveratrol, serta quercetin.

Berbagai kandungan ini bisa membantu kulit melawan penuaan dini dan paparan buruk sinar UV. Sayangnya, kulit mangga juga memiliki kandungan urushiol, sejenis getah organik yang bisa menyebabkan reaksi alergi bagi beberapa orang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...