Manfaat Mendengarkan Musik saat Bekerja
Foto: Unsplash/Karolina Grabowska

Manfaat Mendengarkan Musik saat Bekerja

Kamis, 10 Jun 2021 | 14:45 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Mendengarkan musik menjadi salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh orang-orang. Kegiatan ini tak jarang dilakukan saat sedang melakukan aktivitas lain, seperti berkendara, belajar, hingga bekerja.

Memainkan musik saat beraktivitas bagi sebagian orang dapat meningkatkan semangat dan membuat lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Pelatih karier Maggie Mistal, mengatakan ia menemukan kesuksesan pribadi dalam mengoptimalkan musik untuk dosha pitta Ayuverda-nya. Selain itu, saat memainkan musik, dia juga lebih tenang dan fokus, serta produktif.

“Dalam Ayuverda, diyakini bahwa musik dapat membantu menyeimbangkan energi seseorang,” kata Maggie Mistal dikutip Well and Good.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan jika mendengarkan musik sambil bekerja.

Suasana hati lebih baik

Mendengarkan musik bisa membuat otak melepaskan hormon bahagia atau yang biasa dikenal dengan dopamin. Dengan begitu, maka kamu akan jadi lebih nyaman, serta mengurangi rasa stres dan kegelisahan.

Pekerjaan jadi lebih terasa menyenangkan

Penulis Daniel Letivin, dalam salah satu studinya menemukan bahwa msuik mampu meningkatkan kinerja para dokter bedah yang sedang bekerja di lab. Terdapat pula studi yang menemukan kalau musik mampu membuat orang-orang yang cara kerjanya berulang-ulang, dapat bekerja lebih cepat saat mendengarkan musik.

Lebih produktif

Dalam studi yang diterbitkan oleh Psychology of Music, disebutkan kalau mendengarkan musik bisa bikin seseorang yang sedang bekerja menjadi lebih produktif. Selain itu, tingkat konsentrasi pun jadi lebih tinggi terhadap tugas yang sedang dikerjakan.

Meredam suara dari luar

Suasana ruang kerja yang berisik memang bisa menghilangkan fokus saat sedang bekerja. Jika dalam situasi ini, kamu bisa coba untuk mendengarkan musik agar kebisingan tersebut terhalau.

Karena jika membiarkan diri mendengarkan suara bising saat bekerja, maka kamu akan sulit fokus dan hormon kortisol yang menyebabkan stres pun meningkat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...