Manfaat Mewarnai untuk Kesehatan Mental Orang Dewasa
Foto: FirstCry Parenting

Manfaat Mewarnai untuk Kesehatan Mental Orang Dewasa

Minggu, 10 Mei 2020 | 12:06 | Nurul Faradila
Winnetnews.com -  Mewarnai merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh siapapun. Tidak hanya anak kecil, orang dewasa pun tak jarang memiliki ketertarikan khusus dalam kegiatan mewarnai.

Pasalnya, mewarnai tidak hanya dapat membatu kita untuk meningkatkan kreativitas, tapi juga memberikan sejumlah manfaat pada tubuh dan pikiran. Mengutip dari thehealthy.com, berikut ini beberapa manfaat dari mewarnai untuk orang dewasa.

Membantu untuk dapatkan tidur berkualitas

Mewarnai sebelum tidur lebih baik daripada menonton TV atau bermain gadget. Karena, mewarnai membuat kita terhindar dari paparan cahaya biru yang dapat menurunkan kualitas tidur. Para peneliti menemukan bahwa orang yang menggunakan perangkat elektronik saat malam hari, akan lebih sulit tidur. Tak hanya itu, kita pun akan merasa jauh lebih mengantuk ketika bangun di pagi harinya.

Menenangkan pikiran

Proses mewarnai melibatkan bagian-bagian korteks serebral sambil merelaksasi pusat otak. Artinya kegiatan mewarnai juga memberikan dampak pada kesehatan mental. Sehingga orang akan lebih tenang saat mewarnai.

Mengatasi stres

Mewarnai juga dapat memberikan waktu untuk pikiran kita agar bisa beristirahat. Para psikolog mengatakan, bahwa mewarnai bisa mengurangi stres dan dilemma atas sejumlah pilihan.

Membuka pikiran

Kegiatan ini memberikan kita kebebasan, terutama dalam berpikir. Kita bisa dengan bebas menuangkan ide dan pikiran apapun ketika mewarnai. Kegiatan mewarnai juga memberikan keberanian untuk bereksperimen tanpa rasa khawatir.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...