Skip to main content

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan

Ilustrasi minum kopi Foto: bitinfos.com
Ilustrasi minum kopi Foto: bitinfos.com

WinNetNews.com - Sebelumnya kita sudah membahas mengenai efek samping jika terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Kali ini, kita akan membahas kopi merupakan minuman favorit bagi banyak orang yang mengandung kafein. Ternyata ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat jika meminum kopi sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Berikut adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan, seperti dilansir MSN .

1. Kopi baik untuk jantung

Peneliti Korea Selatan telah menemukan bahwa kopi dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Setelah menganalisis data dari 25.100 pria Korea Selatan dan wanita, salah satu dari tujuh dari mereka memiliki tingkat kalsium koroner arteri (CAC), yang merupakan tanda awal penyakit jantung koroner atau bekuan darah yang potensial.

Para peneliti menemukan bahwa tingkat CAC tertinggi di antara mereka yang mengkonsumsi kurang dari satu cangkir atau lebih dari lima cangkir kopi setiap hari.

Agar tingkat CAC Anda untuk tetap rendah, para peneliti menyarankan untuk minum 3-5 cangkir kopi sehari.

2. Kopi dapat membantu mengurangi risiko diabetes

Sebuah studi 2014 menemukan bahwa mereka yang meningkatkan asupan kafein sekitar 1,5 cangkir kopi sehari selama empat tahun memiliki risiko 11% lebih rendah terkena diabetes dalam empat tahun ke depan.

Di antara 120.000 petugas kesehatan, orang dengan konsumsi tertinggi tiga cangkir kopi atau lebih per hari juga memiliki risiko terendah terkena diabetes tipe 2 hingga 37%.

3. Kopi bisa mengurangi risiko multiple sclerosis

Temuan dari penelitian di AS dan Swedia menemukan bahwa orang yang minum 4-6 cangkir kopi sehari cenderung untuk mengembangkan multiple sclerosis.

4. Kopi dapat mengurangi risiko disfungsi ereksi

Sebuah studi oleh University of Texas Health Science Center di Houston menemukan bahwa pria yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari kurang mungkin untuk memiliki disfungsi ereksi (ED).

Diterbitkan kembali pada tahun 2015 dalam jurnal PLoS ONE, temuan menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi 85-170 mg kafein per hari adalah 42 persen lebih mungkin untuk melaporkan ED.

Sementara mereka yang mengambil 171-303mg sehari-hari, yang 39% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami ED.

Para peneliti mengatakan bahwa efek positif yang berasal dari kafein memicu serangkaian efek farmakologis, mengakibatkan peningkatan aliran darah ke daerah genital.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top