Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut Anak Hingga Dewasa

Rani
Rani

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut Anak Hingga Dewasa

winnetnews.com - Minyak zaitun merupakan salah satu ramuan yang paling sering digunakan sebagai produk perawatan rambut. Minyak yang kaya akan asam lemak, beta karoten,vitamin E, dan antioksidan ini diyakini mampu meredakan kulit kepala yang berkerak atau mengelupas, melembabkan kulit kepala, dan menstimulasi pertumbuhan rambut yang optimal.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa mempertahankan kelembapan rambut, menambah kelembutan rambut, dan menguatkan rambut dengan cara menembus batang rambut. Minyak zaitun jugalah yang dapat menghaluskan atau meratakan kutikula atau lapisan luar rambut hingga membuat rambut terlihat berkilau. Berikut ini manfaat lengkap minyak zaitun untuk kesehatan rambut kita!

Rambut bercabang

Minyak zaitun dipercaya dapat membantu mengatasi ujung rambut yang bercabang. Caranya, cukup oleskan ujung rambut yang rusak (sekitar 5 cm) dengan minyak zaitun.

Rambut kering

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut kering yang kaku dan susah diatur. Caranya, oleskan minyak zaitun secara merata ke kulit kepala dan tiap helai rambut. Pijat rambut dan kulit kepala selama beberapa menit. Kemudian, bungkus rambut dengan shower cap selama 15 menit atau lebih agar minyak zaitun meresap ke dalam rambut. Setelah itu, bilas rambut dengan sampo hingga benar-benar bersih dan tidak lengket. Lakukan hal ini seminggu sekali, namun jika rambut kamu sangat kering lakukan lebih sering.

Rambut yang sering diutak-atik

Minyak zaitun bagus digunakan untuk rambut yang suka di-bleach, dikeriting, diluruskan, dicatok, diwarnai, dan sebagainya. Untuk mengoleskan minyak zaitun, tunggu setidaknya 72 jam setelah rambut di-“tata”. Jika ingin menggunakan minyak zaitun pada rambut yang di-bleach, oleskan dulu minyak zaitun pada satu helai rambut. Gunanya untuk melihat apakah minyak zaitun meninggalkan bekas warna hijau atau tidak.

Ketombe

Minyak zaitun dipercaya bisa mengurangi serpihan ketombe, namun tidak menyembuhkannya. Jika ingin merasakan manfaat minyak zaitun untuk rambut berketombe, oleskan minyak zaitun ke kulit kepala. Setelah itu pijat-pijat kulit kepala dan bersihkan ketombe dengan sisir. Pengobatan ketombe perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Meskipun dapat membantu meredakan ketombe minyak zaitun saat ini belum terbukti efektif sebagai obat pembasmi ketombe. Pengobatan utama ketombe menggunakan sampo yang mengandung asam salisilat, selenium sulfide, dan zinc pyrithione. Jika disebabkan oleh infeksi jamur maka ketombe juga perlu diobati dengan antijamur ketoconazole.

Cradle cap, ketombe pada bayi

Pada bayi berusia 0-2 bulan, terkadang suka muncul kulit yang bersisik, berwarna kuning, dan berminyak di kepalanya. Inilah yang disebut sebagai cradle cap. Cradle cap biasanya bisa hilang dalam beberapa minggu atau bulan. Penumpukannya pun bisa dicegah dengan cara mencuci rambut dan kulit kepala Si Kecil menggunakan sampo bayi. Kerak cradle cap juga bisa dihilangkan dengan memijatkan minyak zaitun ke kulit kepala Si Kecil setiap malam. Kerak yang keras dapat dihaluskan dengan baby oil sebelum dipijat. Perlu diingat, memijat kepala bayi harus secara pelan dan lembut karena tulang tengkorak pada kepala bayi masih lunak dan tidak seperti orang dewasa. Apabila kerak disertai ruam kemerahan yang menyebar ke bagian tubuh lain, terdapat luka, atau bayi sering rewel karena gatal, segera bawa Buah hati ke dokter terdekat.

Apa Reaksi Kamu?