(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Manfaat Posisi Tidur Hadap Kiri

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Manfaat Posisi Tidur Hadap Kiri

 Posisi tidur tengkurap, telentang, miring ke kiri atau ke kanan, masing-masing bisa memengaruhi kerja organ-organ di dalam tubuh. Kali ini, kita akan membahas manfaat tidur di posisi kiri.

Seperti dilansir okezone, berikut adalah manfaat tidur dengan posisi di sebelah kiri bagi kesehatan.

Meningkatkan kerja pencernaan

Tidur miring ke kiri membuat lambung dan pankreas menggantung secara alami. Dengan demikian, produksi enzim pankreas menjadi maksimal dan pergerakan makanan di sistem pencernaan akan menjadi lebih mudah.

Cegah asam lambung

Bagi Anda yang sering menderita akibat asam lambung naik, tidur dengan posisi ini sangat disarankan. Tidur miring ke kiri akan membuat produksi asam lambung berkurang. Tak hanya itu, jantung juga terhindar dari panasnya asam lambung.

Meningkatkan fungsi jantung

Posisi tidur dengan tubuh di sebelah kiri bisa mengurangi beban kerja jantung karena pompa darah ke tubuh dibantu oleh gravitasi. Sirkulasi darah ke jantung juga bisa meningkat, karena beban pembuluh darah untuk mengambil darah ke jantung berkurang.

Pencernaan lemak lebih maksimal

Tidur miring ke kiri dapat membantu pencernaan lemak lebih baik, karena fungsi empedu untuk mencerna lemak melalui proses emulsifikasi semakin maksimal. Ini akan mencegah tubuh mengakumulasi lebih banyak lemak yang bisa memicu berbagai penyakit.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});