Manfaat Rutin Konsumsi Kale Bagi Kesehatan Tubuh

Nurul Faradila

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Manfaat Rutin Konsumsi Kale Bagi Kesehatan Tubuh
Foto: Hello Sehat

Winnetnews.com -  Sayuran kale mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Akan tetapi, sayuran yang mirip dengan brokoli dan sawi ini memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam kale diketahui terdapat kandungan protein yang tinggi, serat, vitamin A, vitamin K, vitamin C, hingga magnesium.

Kale sendiri terdiri dari berbagai jenis, ada yang keriting, daunnya datar, hingga berwarna hijau kebiruan dan masing-masing memiliki rasa yang berbeda-beda. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini manfaat kale untuk kesehatan tubuh.

Baik untuk jantung

Vitamin K yang ada dlaam kale dapat memenuhi sekitar 600 persen kebutuhan vitamin K dalam tubuh untuk satu hari. Jika dimasak dengan cara direbus dan tidak menggunakan garam sama sekali, maka vitamin K tersebut akan bertambah hingga 1.300 persen.

Sebuah penelitian yang dilakukan kepada 4.500 pasien usia dewasa, membuktikan kalau konsumsi kale dapat menurunkan resiko kematian pada pasien penyakit jantung. Selain itu, kale juga mengandung asam empedu sekuestran yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Mencegah kanker

Menurut sebuah penelitian, kale mengandung sulforaphane atau sejenis molekul gula yang bisa membantu melawan pembentukan sel kanker pada tingkat molekuler. Kale juga mengandung indole-3-carbinol, yakni suatu zat yang diyakini dapat membantu mencegah kanker.

Menjaga kesehatan mata

Vitamin A dalam kale dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, baik untuk kesehatan mata, dan berperan dalam pembentukan sel. Penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health menyatakan kalau orang yang mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A secara rutin, akan terhindar dari resiko terkena berbagai penyakit mata dan menjaga kemampuan penglihatan.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...