Manfaat Serat Pangan Harian untuk Kesehatan Tubuh
ilustrasi

Manfaat Serat Pangan Harian untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 14 Des 2019 | 11:17 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Kalau ingin memiliki tubuh yang sehat, Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi setiap harinya. Makanan yang dikonsumsi harus mengandung lemak, protein, dan karbohidrat yang cukup. Nutrisi itu adalah sumber energi utama agar kita bisa melakukan aktivitas tanpa merasa lemas.

Serat dalam Kebutuhan Tubuh

Apakah makanan yang masuk ke dalam tubuh hanya trio makro nutrisi saja? Jawabannya adalah tidak. Ada mikro nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan kalau sampai kekurangan bisa menyebabkan masalah. Anda tetap butuh vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi, dan lainnya untuk tubuh.

Lebih lanjut, tubuh juga membutuhkan nutrisi seperti serat yang memiliki banyak sekali manfaat. Tanpa serat yang cukup, Anda akan mengalami gangguan pencernaan dan masalah lain yang sangat mengganggu.

Kebutuhan Serat Harian

Sebenarnya kebutuhan serat yang dibutuhkan setiap harinya tidaklah banyak. Kebutuhan ini tidak sama dengan kebutuhan karbohidrat dan lemak yang kadang tinggi untuk sumber tenaga. Anda hanya membutuhkan sekitar 25-29 gram serat pangan per hari.

Serat pangan ini bisa didapatkan dari apa saja khususnya buah dan sayuran. Aneka sayuran hijau dan buah memiliki banyak serat kalau dimakan secara langsung tanpa diambil ekstraknya terlebih dahulu. Selain dari makanan dan buah yang segar, saat ini juga sudah banyak suplemen dengan serat tinggi yang bisa dikonsumsi oleh mereka yang tidak suka sayuran.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...