Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan Fisik Bulan Ramadhan

Rani
Rani

Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan Fisik Bulan Ramadhan manfaat tersenyum saat puasa / foto: istimewa

winnetnews.com - Senyum merupakan sebuah tindakan yang mudah untuk dilakukan dan bisa membuat efek baik bagi setiap orang. Senyum bisa menjadi awal mula sebuah persahabatan, rasa kasih sayang dan akhir dari sebuah perselisihan. Tersenyum bisa membuat siapapun bahagia dan mampu menularkan energi positif terhadap lingkungan. Karena itu, munculah sebuah pepatah bahwa 'senyum adalah ibadah'.

Rasullullah Salallahu'alaihi wasalam pun mengajarkan kita untuk selalu menebar senyum kepada umat. Apalagi di bulan yang baik dan penuh berkah ini, bulan Ramadhan, dengan tersenyum akan semakin menambah pahala. Dilansir dari laman Standard, berikut ini adalah manfaat baik tersenyum untuk fisik kita.

Hilangkan stress dengan tersenyum

Saat seseorang tersenyum, maka akan memengaruhi otot-otot tertentu di dalam tubuh yang membuat kita merasa bahagia. Pergerakan otot di wajah kita melepaskan zat kimia yang disebut endorfin yang memicu perasaan positif. Endorfin ini menurunkan tingkat stres dan meningkatkan mood kita. Bahkan jika kita tidak merasa bahagia, endorfin akan menipu tubuh Anda untuk berpikir bahwa Anda sebenarnya bahagia. Jadi, semakin kita tersenyum akan merangsang otak kita untuk melepaskan zat kimia ini, akhirnya akan membuat kita semakin merasa bahagia.

Senyum bisa meningkatkan kekebalan tubuh

Tertawa dan tersenyum juga mendorong pelepasan serotonin. Seperti endorfin, serotonin adalah neurotransmiter yang berkontribusi pada kebahagiaan dan kesejahteraan seseorang. Serotonin memiliki banyak manfaat positif, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, tertawa dan tersenyum adalah obat terbaik!

Simbol kebahagiaan

Senyum merupakan suatu gerakan yang memiliki arti yang sama di seluruh dunia. Gerakan jabat tangan, jempol, dan pelukan bisa memiliki arti yang sama sekali berbeda di berbagai negara, namun arti senyuman itu universal. Ini berarti kamu dapat melakukan perjalanan kemana saja di dunia dan mengomunikasikan kebahagiaan.

Terlihat lebih ramah

Senyum menunjukkan bahwa kita mudah didekati, kepribadian, dan dapat dipercaya. Sebenarnya, senyum berkonotasi positif secara umum. Psikologi telah menunjukkan bahwa tersenyum membuat kita lebih menarik bagi orang lain. Hal ini karena senyuman adalah ekspresi wajah yang mengundang ketenangan dan membuat orang merasa nyaman satu sama lain. Orang lebih cenderung terlibat secara sosial dengan seseorang yang mereka anggap ramah, dan senyuman adalah cara sempurna untuk menunjukkan hal ini.

Membantu kinerja jantung

Pelepasan endorfin melalui senyum juga meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Ini berarti kita dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya hanya dengan memberikan senyuman. Endorfin memiliki banyak manfaat kesehatan dan senyum sederhana akan membuat kita merasa nyaman di luar, juga di dalam perut.

Apa Reaksi Kamu?