Skip to main content

Mantan Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi

Mantan Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi
Mantan Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi

Wingamers.com - Mantan Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Nina Nurlina Pramono ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan dana Corporate Social Responsibility (CSR) pada program gerakan menabung pohon oleh Kabareskrim Polri. Nina diduga melakukan korupsi serta pencucian uang.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs beritasatu, menyebutkan bahwa kejagung mengakui telah menerima surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) dari penyidik Bareskrim Polri terkait dugaan korupsi dana corporate social responsibility (CSR) Pertamina Foundation pada periode 2012-2014 dengan nama tersangka Nina Nurlina Pramono.

Sementara itu, Kabareskrim Polri Komjen Waseso tidak menyebutkan secara jelas siapa saja tersangka yang masuk dalam kasus tersebut. Akan tetapi Budi membenarkan bahwa telah ada tersangka dalam kasus tersebut.

Diduga Nina terlibat perkara tindak pidana korupsi serta tindak pidana pencucian uang dalam penggunaan dana CSR PT Pertamina pada 2012-2014. Dana tersebut ditujukan untuk program Gerakan Menabung Pohon yang dilakukan di kota Depok, Jawa Barat.

Nina menjabat sebagai direktur Pertamina Foundation sejak Januari 2011. Pada saat Nina menjabat, tepatnya di tanggal 19 Maret 2012, beliau menandatangani nota kesepahaman antara Pertamina dan Pertamina Foundation tentang program Gerakan Menabung Pohon.

Nota kesepahaman tersebut berisi kesepakatan bahwa pertamina akan memberikan dana CSR sebesar Rp 225 miliar untuk menanam 90 juta pohon melalui Pertamina Foundation. Hingga 2014, dana tersebut sudah dicairkan sebanyak 75 persen.

Terkait dengan pemberitaan penetapan tersangka oleh Kabareskrim Polri kepada Nina, pihak nya belum memberikan respon hingga saat ini. (rk)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top