Mantan Insinyur NASA Perlihatkan Pesebaran Kuman yang Cepat dengan Memakai Bubuk Fosfor
Foto: Bored Panda

Mantan Insinyur NASA Perlihatkan Pesebaran Kuman yang Cepat dengan Memakai Bubuk Fosfor

Kamis, 26 Mar 2020 | 14:16 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kuman mungkin memerlukan waktu yang lama untuk menyebar, namun mereka tetap saja tidak dapat terlihat. Apalagi jika kita sering menyentuh wajah tanpa sadar.

Seorang mantan insinyur NASA dan sekarang menjadi Youtuber, Mark Rober baru-baru ini mengunggah sebuah video yang memperlihatkan betapa mudahnya kuman menyebar tanpa kita sadari. Video ini juga memeliki pesan tersendiri tentang betapa mudahnya mencuci tangan, terutama dalam kondisi seperti saat ini.

Dilansir dari Bored Panda, karena ukuran kuman yang sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, Mark pun menggunakan Glo Germ. Sebuah bubuk fosfor yang bisa memperlihatkan kuman saat terkena sinar ultraviolet. Benda ini biasanya digunakan oleh para guru untuk mengajakrkan materi ke murid mereka betapa pentingnya mencuci tangan.

Demi menjalankan eksperimen ini, Mark memulai untuk melakukannya dengan salah seorang guru dan 3 orang siswa. Bubuk fosfor yang tadinya menempel pada guru dan ketiga siswa itu pun segera menyebar dengan cepat ke benda-benda lain di kelas, hingga siswa lainnya.

Perbedaan mencuci tangan selama 8 detik dengan 20 detik
Perbedaan mencuci tangan selama 8 detik dengan 20 detik

Pria ini menjelaskan bawah kuman-kuman sendiri biasanya akan menempel di permukaan benda ataupun kulit selama 9 jam, sebelum akhirnya benar-benar hilang dengan sendirinya.

Melalui eksperimen ini Mark ingin memperlihatkan bagaimana kuman dapat menyebar dengan cepat. Selain itu, ia juga turut memperlihatkan dampak positif dari mencuci tangan secara benar dalam waktu 20 detik.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...