Mantan Polisi AS Divonis 263 Tahun Penjara Atas Pemerkosaan 4 Wanita

Mantan Polisi AS Divonis 263 Tahun Penjara Atas Pemerkosaan 4 Wanita

Jumat, 22 Jan 2016 | 15:32 | kontri
WinNetNews.com - Seorang mantan polisi Oklahoma, Amerika Serikat dijatuhi vonis 263 tahun penjara. Pria berusia 29 tahun ini divonis bersalah memperkosa empat wanita dan mencabuli beberapa korban lainnya ketika masih aktif menjadi polisi.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (22/1/2016), mantan polisi bernama Daniel Holtzclaw ini dinyatakan bersalah atas 17 dari total 36 dakwaan kekerasan seksual, termasuk pemerkosaan. Tindak pidana itu terjadi antara Desember 2013 hingga Juni 2014, ketika Holtzclaw masih aktif.

Hakim Timothy Henderson di pengadilan Oklahoma City menjatuhkan vonis maksimal setelah para korban memberikan keterangan di pengadilan pada Kamis (21/1) waktu setempat. Korban menyebutkan bahwa mantan polisi itu telah menghancurkan hidup mereka. Vonis 263 tahun penjara itu diperintahkan untuk dijalani secara berurutan.

Dituturkan jaksa dalam persidangan, Holtzclaw mencari wanita yang bermasalah dengan hukum sebagai korban. Dia memanfaatkan situasi itu untuk memaksa mereka berhubungan seks, dengan harapan para korban tidak akan berani mengungkapkan perbuatan bejatnya di pengadilan.

"Saya sangat ingin hidup saya kembali -- hidup yang saya miliki sebelum dia (Hiltzclaw) merenggutnya," ucap salah korban Holtzclaw, Jannie Ligons, dalam persidangan.

Holtzclaw yang mengenakan seragam tahanan warna oranye ini, tidak memberikan pembelaan diri dalam persidangan. Pengacaranya hanya mengatakan pihaknya berniat mengajukan banding atas vonis ini.

Korban Holtzclaw lainnya, Sherry Ellis, menuturkan kepada pengadilan bahwa dirinya tidak pernah menyangka ada polisi yang bertindak bejat seperti Holtzclaw. "Dia patut mendapat apa yang didapatnya. Tidak akan ada satu haripun di mana saya tidak memikirkan bagaimana saya diperkosa," ujarnya.

Total ada 13 wanita korban Holtzclaw yang memberikan keterangan di pengadilan semenjak persidangan kasus ini digelar tahun lalu. Holtzclaw yang tidak memberi pernyataan pembelaan ini, dipecat dari kepolisian pada Januari 2015 setelah tiga tahun mengabdi.

(dilansir dari detik)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...