Mantap! Motor Skuter Listrik Karya Anak Bangsa!

Mantap! Motor Skuter Listrik Karya Anak Bangsa! Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan/Foto: Karna WNN

WinNetNews.com - Skuter listrik karya anak bangsa yang diberi nama GESITS mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia dalam hal ini Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Menurut Jonan, produk motor listrik yang sudah ada sekarang ini perlu diberi dukungan apalagi hasil karya anak bangsa.

"Kalau ini (GESITS) sudah jadi ini saja kita dukung. Mau riset apa lagi barangnya sudah ada," ujar Jonan, di kantor Kementrian ESDM, Jakarta Kamis (19/10/2017).

Selain memberikan dukungan, Jonan berharap supaya harga jual dari skuter listrik GESITS nantinya lebih terjangkau ketimbang sepeda motor yang menggunakan mesin berbahan bakar fosil. Dengan begitu kemungkinan orang untuk membeli skuter listrik akan tumbuh.

"Jadi saya menyarankan kalau bisa itu harga jualnya bersaing dengan motor yang menggunakan bahan bakar minyak, kalau harganya (motor listrik) jauh lebih tinggi mungkin berat untuk bersaing, tapi kalau harga sama (dengan motor konvensional) mungkin mudah untuk bersaing," terang Jonan.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir juga memberi dukungan penuh terhadap pengembangan motor listrik di Indonesia.

"Harapan kami Sebagai ‘penjual’ listrik, motor dan mobil listrik ini menjadi berkembang. Jadi kami sangat dukung," katanya.

Seperti diketahui, GESITS merupakan kependekan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Sepeda motor listrik pertama buatan nasional ini dikembangkan oleh mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dengan dukungan perusahaan swasta Garansindo Group dan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Kendaraan ini diciptakan untuk tujuan menjadi alat transportasi murah bagi masyarakat Indonesia berbasis kemandirian sistem transportasi nasional yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Nantinya skuter listrik GESITS akan diproduksi di salah satu fasilitas di kawasan industri terpadu PT WIKA (Persero) Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Pada tahap awal WIKA Industri dan Konstruksi akan memproduksi 50 ribu unit GESITS per tahun yang akan dimulai pada 2018. Kapasitas produksi ke depannya akan ditingkatkan menjadi 100 ribu unit.