Mari Elka Pangestu, Penerus Sri Mulyani Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia
Mari Elka Pangestu. [Foto: Inibaru.id]

Mari Elka Pangestu, Penerus Sri Mulyani Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia

Jumat, 10 Jan 2020 | 15:40 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Menteri Perdagangan periode 2004-2011, Mari Elka Pangestu didapuk menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan tersebut baru efektif per 1 Maret 2020.

Melalui situs resmi Bank Dunia, Presiden Bank Dunia David Malpass menyebut penunjukkan Mari Elka sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan, dan Kemitraan Pembangunan untuk Bank Dunia lantaran pengalaman serta wawasan luasnya.

“Keterlibatannya terutama dalam masalah penting mengenai pembangunan, akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan mendesak Bank Dunia dalam mendukung pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan,” ungkap David seperti dikutip Metrotvnews.com, Jum’at (10/1).

Saat ini, Mari Elka masih menjabat sebagai Senior Fellow di Columbia School of International and Public Affiars, serta Profesor Ekonomi Internasional di Universitas Indonesia. Mari juga menjabat sebagai Asisten Profesor di Lee Kuan Yew School of Public Policy dan Crawford School of Public Policy.

Mari dianggap sebagai pakar internasional tentang berbagai masalah global. Dia saat ini adalah Ketua Dewan Pengawas Lembaga Penelitian Kebijakan Makanan Internasional (IFPRI) di Washington dan juga aktif sebagai penasihat Komisi Global Geopolitik Transformasi Energi Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) di Abu Dhabi.

Mari merupakan orang Indonesia kedua yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia setelah jabatan tersebut diemban Sri Mullyani pada 1 Juni 2010. Mengutip CNNIndonesia.com, sejalan dengan penunjukannya, Mari mengungkap tugas menjadi Direktur Bank Dunia tersebut merupakan kehormatan besar.

"Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat ini dalam tantangan mendesak yang dihadapi anggota Bank Dunia," ujarnya.

Dalam peran barunya, Mari akan mengawasi program kerja Kelompok Praktik Global Bank Dunia. Selain itu, ia juga akan mengawasi kelompok riset dan data Bank Dunia (DEC) dan fungsi Hubungan Eksternal dan Korporat. [metro/cnn]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...