Ma'ruf Amin Nilai Desakan Pembubaran MUI Tidak Rasional

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 10 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Ma'ruf Amin Nilai Desakan Pembubaran MUI Tidak Rasional
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Winnetnews.com -  Wakil Presiden Ma'ruf Amin menanggapi desakan pembubaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang gencar disuarakan beberapa hari terakhit karena dugaan terorisme. Menurutnya tuntutan tersebut tidak rasional.

"Akhir-akhir ini banyak atau ada sekelompok yang menginginkan supaya MUI itu dibubarkan. Seperti banyak jawaban yang diberikan oleh para tokoh masyarakat, pimpinan ormas, pimpinan negara, tuntutan itu memang sangat tidak rasional. Saya sependapat itu dengan pendapat para tokoh itu," ungkap Wapres dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (23/11).

Menurut Ma'ruf, jika ada masalah dalam suatu organisasi, maka hyang dilakukan adalah membenahi masalah, bukan membubarkan organisasi tersebut.

"Jangan karena satu orang, namanya penyusupan di mana-mana ada penyusupan itu. Jadi, bukan rumahnya yang dibakar tapi ya tikusnya itulah," tegas Wapres.

Ia memastikan MUI berkomitmen untuk membanttu pemerintah memberantas terorisme, termasuk dengan membuat fatwa hingga menginisiasi dibentuknya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Dalam kaitan dengan terorisme, saya kira MUI pagi-pagi sudah membuat fatwa tentang terorisme sebagai tindakan yang haram dan tidak termasuk jihad. Fatwa inilah kemudian yang dijadikan sebagai rujukan, referensi dari berbagai upaya penanggulangan dan pemberantasan terorisme," jelas Ma'ruf Amin.

"Dan MUI tidak hanya membuat fatwa, tapi juga membuat lembaga yang menanggulanginya, namanya Tim Penanggulangan Terorisme (TPT), yang ketuanya juga saya sendiri. Saya sendiri yang mengetuai itu," urai Wapres.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...