Mary Jane Tidak Ada Dalam Daftar Eksekusi Jilid III

Rusmanto
Rusmanto

Mary Jane Tidak Ada Dalam Daftar Eksekusi Jilid III
WinNetNews.com - Terpidana mati kasus narkoba asal Filipina, Mary Jane Fiesta Veloso (30) dipastikan tidak masuk dalam daftar eksekusi jilid tiga. Pernyataan itu disampaikan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY Tony Spontana kepada wartawan, Selasa (26/7). Tony memastikan Mary Jane belum akan dieksekusi dalam waktu dekat.

“Masih menunggu proses hukum yang berkaitan kasusnya di Filipina. Kami tidak tahu kapan pemrosesannya akan rampung,” kata Tony.

Saat ini, Mary Jane masih mendekam di Lapas Wirogunan Yogyakarta. Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DIY Pramono, ibu dua anak itu dalam kondisi sehat. Mary Jane masih rutin menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sebagaimana diketahui, Mary Jane Fiest Veloso merupakan penyelundup narkoba yang divonis mati oleh PN Sleman pada tahun 2010 silam. Pada proses banding dan kasasi, hukuman itu tidak berubah.

Beberapa waktu lalu, Mary Jane mengajukan grasi kepada Presiden tapi permohonannya tidak dikabulkan. Upaya hukum peninjauan kembali (PK) yang ditempuh kuasa hukumnya juga ditolak.

Setelah melalui rangkaian proses hukum itu, Mary Jane seharusnya menjalani eksekusi jilid dua pada 2015 lalu. Namun rencana itu urung dilaksanakan dengan dalih masih menunggu persidangan Maria Kristina Sergio, warga Filipina yang diduga menjadi perekrut Mary Jane dalam bisnis narkoba.

Setahun lebih prosesnya berjalan, sampai saat ini belum juga ada keputusan. Bahkan otoritas berwenang dari Filipina tidak kunjung melakukan pemeriksaan terhadap Mary Jane.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});