Skip to main content

Masak Jengkol Tanpa bau? Ikuti Trik ini ya!

ilustrasi, jengkol balado legit tidak bau  foto: istimewa
ilustrasi, jengkol balado legit tidak bau foto: istimewa

winnetnews.com - Jengkol adalah salah satu bahan makanan khas Indonesia yang cukup digemari oleh berbagai kalangan, meskipun memiliki bau yang sangat menyengat. Makanan ini biasanya disemur lalu disajikan sebagai makanan pelengkap nasi uduk khas Betawi. Tak sedikit pula yang mengolah jengkol sebagai campuran sambal atau sebagai lalapan.

Beberapa orang pun ada yang menghindari makan jengkol karena baunya yang sangat menyengat dan kurang sedap. Namun ternyata, ada beberapa tips ampuh untuk menghilangkan bau dan membuat daging jengkol menjadi lebih empuk. Berikut ini adalah trik mengolah jengkol yang bisa kamu ikuti!

Rendam

Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bau pada jengkol adalah merendamnya di dalam air. Hal ini mampu mengurangi bau yang tidak sedap dan menetralisir racung yang dikandung bahan makan tersebut. Agar kualitas jengkol tetap terjaga dengan baik, kamu bisa menggunakan air es atau air kapur sirih. Setelah itu rendam semalaman agar baunya benar-benar hilang.

Air beras

Selain menggunakan air kapur sirih, air bekas cucian beras juga bisa digunakan untuk merendam jengkol. Caranya, rendam jengkol dalam air tersebut selama 24 jam. Keesokan harinya buang air rendaman dan ganti dengan air cucian beras yang baru dan rendam lagi selama seharian penuh. Lakukan perendaman ini hingga 2-3 x 24 jam. Setelah itu, keringkan jengkol dan bilas menggunakan air bersih. Jengkol pun siap untuk direbus.

Rebus dengan tambahan bumbu

Setelah merendam jengkol, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menetralisir bau menyengat pada jengkol adalah merebusnya dengan campuran daun jeruk purut. Caranya sangat mudah, iris daun jeruk yang telah Anda siapkan, lalu masukkan pada rebusan jengkol. Selain jeruk purut, kamu juga bisa merebus jengkol dengan daun jambu biji. Selain ampuh menghilangkan aroma menyengatnya, trik ini juga akan membuat daging jengkol menjadi lebih empuk dan lunak. Selamat mencoba!

Rebus dengan tepat

Ketika merebus jengkol, lakukan secara teliti dan benar agar hasilnya sempurna. Usahakan jangan terlalu matang saat merebus jengkol, ini akan membuat jengkol mudah hancur ketika dimasak atau dipipihkan. Memipihkan jengkol sebelum dimasak bertujuan agar bumbu dapat cepat meresap sehingga hidangan menjadi lezat dan menggugah selera.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top