Masakan Padang Memang Nikmat, Namun Waspadai Kandungan Super Berbahaya ini
Ilustrasi: Tirto

Masakan Padang Memang Nikmat, Namun Waspadai Kandungan Super Berbahaya ini

Minggu, 12 Jan 2020 | 19:17 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Tentu sudah kita ketahui bersama jika makanan yag dipanaskan berulang kali akan cenderung menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh. Jika pada santan, pemanasan berulang akan memicu munculnya risiko kolesterol jahat.

Melansir Detik Health, Ahli Gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang, Dr. Gusnedi, STP, MPH mengatakan bahwa santan yang terlalu banyak dipanaskan akan membentuk lemak jenuh. Kandungan lemak jenuh yang berlebihan inilah yang membuat nasi padang menjadi santapan berbahaya bagi penderita kolesterol.

“Santan tu kan komposisinya lemak jenuh, kalau dia dipanaskan berulang, maka dia akan berubah menjadi lemak trans atau lemak padat,” kata Gusnedi.

“Lemak trans ini strukturnya berubah tapi dia jenuh. Kalau dikonusmsi berlebihan maka akan meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh,” lanjutnya.

Selain itu, Gusnedi juga memaparkan jika proses pemanasan santan yang berlebihan ini akan memicu makanan terkena radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

“Radikal bebas ini bisa menyebabkan inflamasi (peradangan) dan memicu disiplidemia dan diabetes mellitus,” papar Gusnedi.

Meski bahaya santan mengincar, masakan Padang nyatanya mengandung banyak antioksidan yang diperoleh dari berbagai macam rempah dan bumbu masak. Kandungan antioksidan ini bisa menangkal radikal bebas penyebab penyakit degeneratif.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...