Masalah Finansial yang Sering Dihadap oleh Para Milenial
Ilustrasi: Milady - Cingage

Masalah Finansial yang Sering Dihadap oleh Para Milenial

Minggu, 13 Okt 2019 | 14:12 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Kaum milenial bisa dikatakan memiliki karakter yang berbeda jauh dengan generasi X. Tidak hanya berbeda cara berpikir dalam karier dan jengang hidup, kedua generasi ini juga memiliki perbedaan yang signifikan dalam pengaturan keuangan pribadi.

Menurut Forbes, generasi X cenderung memiliki kesukaan pada jenis karier yang pasti, contohnya adalah pekerjaan kantoran. Namun para milenial justru lebih menyukai jenis pekerjaan non-kantoran, bersifat dinamis, dan memiliki lebih banyak tantangan. Hal ini yang menyebabkan banyak milenial bergelut di bisnis dunia digital, mengingat banyak digital nomad yang bermunculan.

Hal yang sama juga terjadi dalam aspek keuangan pribadi. Generasi X bisa dikatakan lebih fokus pada hari tua dan memilih melakukan investasi nyata seperti membeli rumah dan kendaraan. Generasi Y dan Z justru lebih fokus pada traveling dan investasi uang untuk pengalaman. Namun persiapan hari tua adalah hal penting. Ketika kamu hanya fokus pada jalan-jalan dan cari pengalaman, maka uang tabunganmu akan langsung habis ketika memasuki masa tua.

image0
Ilustrasi: Inc

Generasi milenial sering menemukan kesulitan dalam mengumpulkan uang dan berinvestasi. Byrdie menulis jika sifat milenial yang haus akan tren terkini sering tidak sejalan dengan kondisi finansial mereka.

Generasi milenial cenderung menghabiskan uang dan tabungan mereka untuk pergi ke kedai kopi, cafe, restoran, dan berbagai destinasi wisata lainnya. Namun jika ditilik dari kondisi finansial mereka, generasi milenial belum tentu mampu untuk menjalani hidup dan gaya seperti itu. Hal ini tentu menjadi PR untuk para generasi milenial agar lebih memperhatikan kondisi finansial pribadi.

Hal yang harus diperhatikan milenial contohnya adalah tabungan untuk keperluan jangka pendek, tabungan untuk keperluan mendadak, investasi, tabungan biaya menikah dan memiliki anak, dan tabungan hari tua.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...