Masalah Kesehatan Akibat Macet saat Liburan

Masalah Kesehatan Akibat Macet saat Liburan

WinNetNews.com - Ingatkah betapa parahnya kemacetan di libur panjang akhir pekan lalu? Tingginya arus kendaraan menuju tempat wisata memang memicu kemacetan di berbagai tempat. Parahnya, kemacetan terjadi hingga puluhan kilometer dan berjam-jam. Selain merugikan dari segi waktu, kemacetan juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Melansir laman Health, ternyata sepertiga orang yang mengalami kemacetan lebih dari 90 menit mengalami sakit leher hingga punggung. Namun tidak hanya itu, kemacetan juga menyebabkan masalah kesehatan lainnya sebagai berikut.

1. Terpapar polusi

Padatnya jumlah kendaraan akan meningkatkan asupan polusi udara ke dalam tubuh. Para ahli pun menyarankan agar tubuh tidak terlalu terpapar polusi saat berkendara. Caranya, mengemudi lebih lambat, dengan kecepatan 20 mil per jam.

2. Dehidrasi

Kemacetan selama berjam-jam memicu dehidrasi. Hal ini disebabkan tubuh yang kekurangan asupan air. Selain itu, mengonsumsi camilan yang asin juga memicu terjadinya dehidrasi.

3. Sakit pinggang, kepala dan leher

Tentunya duduk berjam-jam di dalam mobil memicu seseorang mengalami kelelahan yang berujung rasa nyeri di pinggang. Namun tidak hanya pinggang, kepala dan leher juga akan terasa sakit. Bahkan, tak jarang seseorang yang mengalami darah tinggi.

4. Peningkatan berat badan

Sebuah penelitian mengungkapkan, kemacetan berhubungan dengan tingkat stres yang akan meningkatkan sensor lapar seseorang.