Masih Berusia Muda Kena Diabetes, Ini 7  Penyebabnya
Ilustrasi Mengecek kadar gula dalam darah ( Photo rd.com)

Masih Berusia Muda Kena Diabetes, Ini 7  Penyebabnya

Sabtu, 11 Jan 2020 | 12:59 | Muchdi

Winnetnews.com - Diabetes adalah salah satu penyakit tak menular. Penyakit ini dulu akrab di usia 40 tahun ke atas. Namun seiring berjalannya waktu, usia pengidap diabetes merambah di 20an tahun. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kasus diabetes di usia 18 tahun menunjukkan peningkatan dari 4,7 persen di 1980 menjadi 8,5 persen di 2014.

Pertanyaanya, mengapa diabetes bisa terjadi di usia muda?

1. Gangguan fungsi pankreas

Pankreas berperan penting dalam mengatur sekresi insulin ke aliran darah. Saat kinerja pankreas terganggu, maka sekresi insulin pun terganggu.

Padahal insulin berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu, insulin diperlukan untuk memecah makanan dan mengubahnya menjadi energi. Kekurangan insulin bisa membuat kadar gula darah melonjak hingga menyebabkan diabetes tipe 1.

2. Riwayat keluarga

Riwayat keluarga turut memperbesar peluang orang dewasa muda bisa terkena diabetes. Namun bukan berarti jika ada anggota keluarga yang memiliki diabetes, Anda pasti terkena diabetes. Mengatur pola makan dan penerapan gaya hidup sehat bisa menjauhkan orang dari risiko diabetes.

3. Kelebihan lemak perut

Obesitas sentral atau penumpukan lemak di perut membuat orang di usia muda rentan terkena diabetes. Makin besar ukuran pinggang, disinyalir besaran lemak viseral makin besar. Lemak ini dinilai berbahaya sebab bisa memicu gangguan hormon sehingga fungsi tubuh terganggu. Pria tergolong obesitas saat ukuran lingkar pinggangnya menyentuh angka 90 sentimeter ke atas, sedangkan wanita di angka 80 sentimeter ke atas.

Tak hanya soal ukuran lingkar pinggang, mereka yang overweight atau kelebihan berat badan dan obesitas mempertinggi peluang kemunculan penyakit diabetes. Berat badan berlebih menurunkan respons tubuh terhadap insulin.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...