Masih Bisa Investasi Meski Gaji di Bawah UMR
Foto: Unsplash/rupixen.com

Masih Bisa Investasi Meski Gaji di Bawah UMR

Kamis, 10 Jun 2021 | 13:39 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Investasi keuangan tidak hanya dilakukan oleh orang-orang tua saja. Anak muda saat ini juga sudah banyak yang tertarik untuk melakukan hal ini, apalagi jika punya cita-cita ingin menjadi crazy rich.

Namun terdapat beberapa masalah bagi anak muda untuk melakukan investasi, salah satunya karena gajinya yang pas-pasan, bahkan di bawah UMR (Upah Minimum Regional). Meski pendapatan tiap bulan terbilang kecil, sebenarnya kamu bisa melakukan investasi, asal bisa mengelola uang dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan jika ingin berinvestasi, tapi gajinya di bawah UMR.

Tentukan tujuan

Sebelum memilai investasi, kamu perlu menentukan apa tujuan yang ingin kamu capai. Bisa untuk biaya melanjutkan kuliah, DP rumah, atau biaya nikah. Jika sudah, maka selanjutnya kamu harus menentukan jangka waktu dan instrument investasi yang akan dipilih.

Sisihkan 10% gaji

Ketika sudah menerima gaji, kamu harus langsung sisihkan setidaknya 10% dari gaji bulanan, untuk investasi. Soalnya, jika kamu menunggu sisa gaji untuk investasi, maka hal itu akan terasa sulit.

Karena bisa saja gajimu malah habis di awal bulan dan kamu malah tekor, gara-gara harus berhutang ke pihak lain.

Pelajari dan pahami risiko

Kalau kamu sudah memutuskan untuk investasi, maka kamu harus pelajari dan pahami risiko apa yang akan dihadapi dari instrument yang dipilih. Dengan begitu, kamu jadi lebih bisa mengelola risiko tersebut dengan tepat agar terhindar dari kerugian yang besar.

Side job

Masa produktif bisa kamu manfaatkan dengan mencari pekerjaan sampingan, misalnya menjadi penulis, buka online shop, desain, atau yang lainnya. Manfaatkan kemampuan kamu dengan maksimal, agar bisa meningkatkan modal investasi.

Disiplin

Apapun yang dilakukan, kedisiplinan memang menjadi kunci utama. Jangan sampai kamu hanya semangat di awal untuk menyisihkan uang dan berinvestasi, tapi saat di tengah jalan malah malas melakukannya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...