Masih Buang Sampah Sembarangan? Ini Akibatnya

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Masih Buang Sampah Sembarangan? Ini Akibatnya Ilustrasi buang sampah. (Foto: Blitar Times)

Winnetnews.com - Ada baiknya pengendara menyediakan tempat sampah kecil di dalam mobil agar tidak membuang sampah sembarangan di jalan raya. Hal tersebut rupanya menjadi viral di media sosial saat pengendara Honda BRV bernopol B 2642 PFG membuang sampah sembarangan ke jalan, Minggu (11/8/2019).

Saat mobil melintas di sekitaran Jakarta Selatan, sampah mendadak beterbangan dari jendela mobil. Dari mobil warna putih itu nampak pengendaranya nyampah sembarangan.

Tiba-tiba muncul pengendara motor yang langsung berhenti persis di samping mobil. Tanpa basa-basi, sampah diambil pemotor dan langsung melempar ke pengendara mobil lewat jendela.

Tidak senang, pengendara mobil berusaha melawan dan terjadilah perkelahian. Pengendara mobil makin emosi dan keluar dari mobilnya, tapi pemotor langsung kabur.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4) on

Sementara itu, pengendara mobil nampak merekam aksi pengendara Honda CRV yang membuang sampah sembarangan. Lalu bagaimana denda untuk warga atau pengendara mobil yang membuang sampah sembarangan?

Pemprov DKI Jakarta memiliki dua peraturan daerah (perda) yang mengatur soal sanksi membuang sampah sembarangan. Pertama, Perda Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah yang ditegakkan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Denda maksimal bagi warga yang membuang sampah sembarangan yang ditetapkan dalam perda ini yakni Rp 500.000. Tidak ada ketentuan denda minimal yang diatur perda ini.

Kedua, Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum yang ditegakkan Satpol PP.

Dalam perda ini, orang yang tidak tertib membuang sampah bisa dikenakan sanksi tindak pidana ringan (tipiring), yakni pidana penjara 10 hari sampai 2 bulan atau denda antara Rp 100.000 sampai Rp 20 juta.

Apa Reaksi Kamu?