Masih di Yogyakarta, Jangan Lupa Mampir ke Ullen Sentalu

Masih di Yogyakarta, Jangan Lupa Mampir ke Ullen Sentalu

WinNetNews.com - Pernah membayangkan mengunjungi sebuah museum di lereng gunung merapi? Jika belum, maka kamu harus coba mengunjungi Ullen Sentalu. Selain menambah wawasan, kamu juga tidak akan percaya jika yang sedang kamu datangi adalah sebuah museum.

Ya! Ullen Sentalu adalah sebuah museum di lereng Gunung Merapi. Namun berbeda dengan museum lainnya, gaya yang dimiliki Ullen Sentalu layaknya sebuah rumah yang memiliki berbagai koleksi menarik yang bisa kamu pelajari.

image0

Tidak hanya itu saja, jika kamu menelusuri Ullen Sentalu lebih dalam lagi, kamu akan menemukan sebuah pajangan yang sengaja dipasang miring. Kalau kata pemiliknya sih karena pemikiran sebagian masyarakat sudah “miring”. Tidak hanya itu saja, pintu masuk pun dipasang rendah, artinya tidak jauh dari filosofi masyarakat Jawa yaitu menunduk sebagai tanda menghormati.

image1

image2

Ullen Sentalu merupakan museum swasta yang beroperasi dibawah naungan Yayasan Ulating Blencong. Hal lain yang membedakan Ullen Sentalu dengan museum lainnya adalah cara kamu mengetahui nama benda bersejarah.

Maksudnya?

Jika di museum pada umumnya, tiap benda bersejarah akan diberikan label nama. Berbeda dengan Ullen Sentalu yang tetap mengandalkan pemandu wisata untuk memberikan informasi tentang nama dan sejarah barang – barang antik di sana.

Hal lain yang mengandung magis pada museum ini adalah larangan memfoto di dalam ruangan, terlebih lagi memfoto barang – barang antik di sana. Kalau kata pemandu wisatanya sih bisa menganggu “nyawa” di ruangan tersebut.

Penasaran seperti apa wujud Ullen Sentalu? Kamu bisa datangi Jalan Boyong, kawasan wisata Kaliurang, atau 25 kilometer dari kota Yogyakarta. Harga tiket masuknya juga terbilang murah, kamu cukup membayar Rp 15.000 sampai Rp 30.000 sudah sekaligus pemandu wisatanya. Namun untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp 30.000 sampai Rp 50.000.

Untuk waktu bukanya, setiap hari Selasa sampai Jumat pukul 08.30 – 16.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 08.30 – 17.00 WIB.