Masih Muda Tapi Udah Ubanan, Ternyata Itu Adalah Tanda Penyakit Ini

Masih Muda Tapi Udah Ubanan, Ternyata Itu Adalah Tanda Penyakit Ini sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - 

Studi terbaru saat ini trlah mengungkap bahwa rambut putih atau uban tidak saja pertanda dari usia yang sudah menua, namun juga bisa menjadi tanda bahwa adanya gangguan kesehatan. Apalagi pada uban yang muncul di usia tergolong muda yakni dibawah 30-an atau 35 tahun.

“Hasil penelitian kami, tidak saja karena alasan usia rambut beruban bisa jadi tanda peringatan tingginya risiko penyakit kardiovaskular,” ungkap Irini Samuel, ahli jantung dari Universitas Kairo, Mesir.

Aterosklerosis atau pengapuran pembuluh darah terjadi dengan mekanisme yang sama seperti terjadinya uban, yakni adanya gangguan DNA, stres oksidatif, inflamasi, perubahan hormonal dan penuaan sel fungsional.

Kedua kejadian ini, aterosklerosis dan juga uban, umumnya terjadi seiring dengan adanya peningkatan usia.

Pada studi tersebut dilihat bahwa pasien yang memiliki penyakit arteri koroner, ternyata juga punya statistik rambut putih yang tinggi jika dibanding orang tanpa masalah kesehatan tersebut.

Namun peneliti juga mengakui bahwa butuh studi lebih mendalam untuk menegaskan adanya keterkaitan kedua hal itu; munculnya uban di usia muda dan penyakit aterosklerosis.

“Penelitian mendalam diperlukan, dan dilakukan koordinasi dengan ahli kulit untuk mempelajari lebih lanjut tentang faktor lingkungan penyebab genetik,” tambah dia seperti dilansir laman Boldsky.