Masih Muda!!! Yukkk Kita Mulai Berinvestasi Saham

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Masih Muda!!! Yukkk Kita Mulai Berinvestasi Saham

WinNetNews.com - Pasar Modal merupakan dunia investasi masa depan yang diyakini bisa menjadi salah satu pilar ekonomi bangsa. Menyadari hal tersebut, pemerintah dan pihak-pihak terkait merasa berkewajiban mengedukasi dan memasyarakatkan investasi pasar modal ke berbagai kalangan terutama anak muda sebagai market potensial pelaku investasi pasar modal ini.

Belajar investasi sejak muda saat ini sangat diajurkan, jangan sampai uang yang didapat menganggur, maksudnya dibiarkan begitu saja, dan kemudian malah habis untuk dipakai ha-hal yang tidak penting, salah satunya berfoya-foya. 

Saat umur kita masih muda dan belum mempunyai pekerjaan, darimana sih kita dapat uang? pastinya masih mendapat kucuran dana dari orang tua. Dengn kucuran dana dari oarang tua tersbut, bukan berarti kita tidak bisa mulai berinvestasi. Seperti yang pernah dilakukan oleh Warren Buffett, pengusaha besar dan investor AS pada masa mudanya dulu, Warren membeli saham pertamanya di usia 11 tahun. 

Belajar dari Buffett, kita pun bisa mulai berkenalan dengan dunia investasi. Caranya, bisa dengan mulai belajar berinvestasi. Misalnya saja, investasi lewat dunia pasar modal. Jangan salah, dengan dana minim sebenarnya bisa menjadi modal kita untuk menanam saham dalam sebuah perusahaan melalui pasar modal ini.

Bagi kamu yang ingin memulai perencanaan investasi sedari dini, tetapi belum memiliki banyak modal, tak perlu khawatir. Kini, tepatnya sejak 6 Januari 2014 lalu, untuk membuka akun pasar modal, transaksi saham bisa dimulai dengan setoran awal Rp 200 ribu. Keuntungan menjadi pelaku pasar modal atau sebagai seorang investor sendiri sangatlah banyak. Bagi masyarakat luas di suatu negara, tentu berfungsinya pasar modal akan menunjang pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Keuntungan untuk kita pribadi yang melakukan transaksi saham dalam pasar modal, di antaranya sebagai sarana untuk mengalokasikan sumber dana secara optimal serta menyediakan sumber pembiayaan jangka panjang. Hal ini tentu sangat berguna bagi para generasi muda yang kelak menjadi pelaku industri di masa depan. Oleh karena itu, mumpung masih muda, kenapa kita tidak mencoba untuk memulai berinvestasi di bidang saham.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});