Masih Suka Makan Mie Instan? Baca Artikel Ini

Rusmanto
Rusmanto

Masih Suka Makan Mie Instan? Baca Artikel Ini ilustrasi

Winnetnews.com - Siapa di sini yang suka banget nih makan mie instan? Nah, biasanya berapa kali sih kamu makan mie instan dalam kurun waktu seminggu? Mulai sekarang kurang-kurangin deh, soalnya kalau kebanyakan bisa menyebabkan hal ini lho. Kepo ya?

Baru-baru ini, kisah tentang seorang pemuda Taiwan meninggal dunia karena kebiasaan makan mie instan membuat publik mulai mencari tahu bahayanya. Waduh, serem banget ya?

Selain menjadi makanan alternatif yang praktis, mie instan memang banyak digemari orang karena aromanya yang menggugah selera. Eits, selain itu juga murah meriah, bener nggak?

Padahal nih mengonsumsi mie instan juga harus dibatasi dan cara mengolahnya pun nggak bisa sembarangan atau bahkan jadi menu makan utama. Siapa nih yang suka makan nasi lauknya mie instan?

Ternyata nih guys, mengonsumsi mie instan dalam jangka waktu yang sewajarnya tak akan jadi masalah. Tapi, kalau kamu mengonsumsinya terlalu sering dan tanpa menambahkan bahan apapun ke dalamnya sangat membahayakan kesehatan. Tuh dengerin, khususnya buat anak kos nih!

Dr. Braden Kuo dari Massachusetts General Hospital pernah mencari tahu yang terjadi di dalam perut manusia setelah 2 jam mengonsumsi mie instan. Ia sempat merekam kejadiannya juga lho.

Ada dua rekaman video, satu seseorang yang mengonsumsi mie instan, dua seseorang yang mengonsumsi mie buatan sendiri.

Hasil dari rekaman tersebut, orang yang pertama menunjukkan mie instan yang dikonsumsinya ternyata masih utuh di saluran pencernaan setelah 2 jam.

Sementara itu pada rekaman orang kedua yang mengonsumsi mie buatan sendiri hasilnya jauh berbeda dengan mie instan yang dijual bebas. Hmm, jadi ingin membuat usaha mie instan bikinan sendiri.

Artinya adalah mie instan lebih susah dicerna dan saluran pencernaan harus bekerja berjam-jam untuk memecah makanan.

Uniknya, tak hanya mie instan yang biasa tersedia di warung sederhana, mie instan ramen pun memiliki bahaya yang sama.

Ia juga pernah menyampaikan sebagaian besar mie instan ramen mengandung zat kimia tertiary-butyl hydroquinone (TBHQ), pengawet makanan yang merupakan produk biobutane yang biasa digunakan dalam industri minyak. Wah, ternyata bahaya banget lho buat tubuh kamu.

Karena faktanya, terlalu sering mengonsumsi mie instan sekitar 3 kali seminggu akan meningkatkan risiko penyakit sindrom kardiometabolik. Apaan tuh? Jadi dalam kondisi ini membuat seseorang lebih berisiko tinggi alami penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Bahkan sebuah studi justru menyebutkan mengonsumsi mie instan 2 kali dalam seminggu sudah cukup membahayakan kesehatan. Tak hanya itu, Dr Hyun Joon Shin yang melakukan penelitian di Amerika Serikat juga menyatakan kalau kebiasaan mengonsumsi mie instan sangat berdampak buruk pada perempuan.

Mie instan yang kamu konsumsi itu mengandung garam yang tinggi. Pola makan tinggi mineral seperti ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sehingga ada sebuah himbauan agar orang tak terlalu sering mengonsumsi mie instan.

Selain tidak mengandung nutrisi dan gizi, mie instan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna. 

Nah, yuk mulai sekarang kurang-kurangin deh makan mie instan. Biar umur kamu lebih panjang lagi! Hehehe…

 

 

 

Artikel ini telah tayang di beritao.com dengan judul "Kamu Pecinta Mie Instan? Mending Jangan Lakukan Hal Ini Deh"
 

Apa Reaksi Kamu?