(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Masih Tertipu Belanja di Online Shop? Nih ada 5 Cara untuk Menghindarinya

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Masih Tertipu Belanja di Online Shop? Nih ada 5 Cara untuk Menghindarinya
WinNetNews.com - Mendengar kata belanja pasti identik dengan wanita. tapi sekarang ini, dengan adanya online shop ternyata para pria juga mulai suka berbelanja. Tapi jangan senang dulu Sobat Winnet. Walaupun dengan adanya online shop dapat memudahkan kita untuk membeli barang yang kita inginkan, banyak oknum yang memanfaatkan bisnis ini.

Dalam proses tranksaksi jual beli online, keamanan dalam transaksi menjadi hal yang patut kita perhatikan. Untuk menghindari penipuan dan kerugian dalam berbelanja di internet ada beberapa tips yang bisa dilakukan Sobat Winnet untuk mencegah terjadinya penipuan dan kekecewaan dalam transaksi online. Mau tahu apa saja caranya? Yuk kita simak ulasan selengkapnya.

1. Ketahuilah informasi produk dan penjualnya. Amati lebih detail deskripsi produk serta reputasi web atau pedagang online. sebaiknya Anda tak langsung percaya dengan identitas sang penjual dan melakukan cross-check identitas sang penjual.

2. Jangan mudah memberikan informasi pribadi kamu dan keuangan secara online maupun offline.

3. Waspada phising, yang biasanya meminta informasi rekening lewat email dan telepon. Lebih berhati-hati dalam menanggapi semua email yang masuk dan telepon yang meminta informasi keuangan melalui email atau telepon.

4. Prioritaskan penjual dengan lokasi terdekat.Sistem jual-beli online memang dapat memudahkan kita untuk melakukan proses jual-beli dari jarak jauh. Meskipun demikian, sebaiknya prioritaskan penjual yang ada di sekitar tempat tinggal kamu. Mengapa? Jika kamu terkena kasus penipuan, kamu nggak akan repot untuk mengurusnya ke pihak yang berwajib. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah untuk mengidentifikasi sang penjual.

5. Waspadai metode pembayaran tak lazim, Misalnya pembayaran sebagian dilakukan dari beberapa rekening, dan hanya mencantumkan metode pembayaran tunai via pos.

6. Gunakan metode pembayaran aman dan terpercaya. Bisa menggunakan rekening bersama atau metode pembayaran PayPal, yang memberikan asurasin terhadap transaksi. Perlindungan pembelian dari PayPal ini menawarkan asuransi USD 1.000 pada setiap barang yang tidak diterima atau berbeda dari deskripsinya.

7. Utamakan COD

Sistem Cash On Delivery atau COD adalah salah satu upaya paling efektif untuk menghindari penipuan online. Dengan melakukan COD, Anda dapat memeriksa barang yang akan dibeli dan memastikan barang tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan. Meskipun Anda harus keluar rumah untuk mengambil barang, sistem COD akan memastikan Anda terhindar dari penipuan.

5. Selalu minta resi pengiriman

Jika COD tak memungkinkan, tentunya barang yang Anda beli harus dikirimkan melalui agen atau jasa pengiriman barang. Biasakan untuk meminta nomor resi pengiriman setiap kali Anda melakukan transaksi online yang barangnya dikirim melalui agen atau jasa pengiriman barang. Nomor resi akan membuat Anda untuk dapat melakukan tracking dari barang yang Anda pesan.

6. Jangan mudah tergiur dengan diskon dan promo

Tips terakhir yang cukup penting adalah selalu kendalikan diri Anda dan jangan mudah tergiur dengan barang murah atau promosi tertentu. Periksa kembali harga resmi dari barang yang Anda incar di situs jual-beli lainnya.

7. Jika promo atau potongan harganya terlalu tinggi, sebaiknya Anda waspada. Jangan mudah percaya juga dengan penjual yang memberikan embel-embel barang black market, lolos bea cukai, dan sejenisnya. Selain berpotensi sebagai tindak penipuan, Anda juga akan dirugikan dengan membeli barang tidak resmi.

Jadi Sobat Winnet, kalo mau belanja online harus hati-hati yaa.. Jangan sampai kalian tertipu atau terkena modus si penjual.. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});