Masih Trial, Transformasi Desiain Layout Facebook Mirip Twitter
Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg memamerkan tampilan dan desain layout terbaru hasil karyanya yang diberi nama 'The New Facebook'. [Foto: Slashgear.com]

Masih Trial, Transformasi Desiain Layout Facebook Mirip Twitter

Senin, 13 Jan 2020 | 16:40 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Siapa di sini Winners yang gak punya platform media sosial Facebook? Pasti semua punya dong ya platform pertemanan yang sudah mulai menua ini. Rupanya, Mark Zuckcerberg, si pencipta Facebook menawarkan tampilan baru.

Perubahan tersebut dapat dilihat menggunakan PC, laptop, ataupun smartphone yang Winners genggam saat ini. Jejaring sosial yang didominasi warna biru ini nampaknya akan mengurangi warna dominan tersebut.

Pasalnya, jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu mulai menguji coba tampilan terbaru.  Tampilan timeline Facebook versi desktop kini dibuat tampak minimalis dan segar dengan desain serba putih.

Sebelas dua belas dengan Twitter ya. Pembaharuan ini sempat diumumkan sekitar April 2019 ini tak dihiasi dengan header berwarna biru, yang menjadi ciri khas platform tersebut.

Desain ini juga tampak menata ulang susunan menu di sisi kiri dan kanan Facebook, atau biasa disebut dengan sidebar.

Jika dilihat sepintas, wajah baru Facebook ini mirip dengan tampilan milik Twitter versi web. Sidebar di sebelah kanan kini menampilkan daftar teman yang sedang online.

Sebelumnya, daftar tersebut disembunyikan di dalam tab "Chat" yang bisa diklik. Tab "Chat" sendiri melekat di bagian pojok kanan bawah tampilan situs Facebook.

Bisa dibilang, desain semacam ini membuat tampilan sidebar, baik kiri maupun kanan, terlihat bersih tanpa adanya komponen yang mencolok atau mengganggu.

Dikutip KompasTekno dari Cnet, Senin (13/1), tampilan ini sudah bisa dinikmati oleh sejumlah pengguna.

Pengguna yang beruntung dapat mencoba tampilan baru ini melalui undangan yang muncul dari jendela pop-up. Tampilan serba putih ini disebut sebagai "The New Facebook".

Adapun jendela pop-up tersebut bakal muncul ketika pengguna mengakses halaman Facebook versi desktop untuk pertama kalinya.

Nah, bagi pengguna yang tidak diundang, agaknya harus bersabar sedikit. Pasalnya, pihak Facebook mengatakan bahwa akan memperluas uji coba tampilan baru ini dalam beberapa bulan ke depan.

Bisa jadi, giliran Anda yang akan kebagian kesempatan mencoba. [kompas]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...