Masuk Tol Jakarta-Cikampek-Palimanan Sekali Bayar

Masuk Tol Jakarta-Cikampek-Palimanan Sekali Bayar

Selasa, 26 Jan 2016 | 09:10 | Rusmanto
WinNetNews.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menargetkan sistem pembayaran dua jalan tol yakni Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan harus sudah digabungkan, sebelum musim mudik lebaran tahun 2016.

PT Jasa Marga Tbk selaku pemilik ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, mengaku tengah melakukan pembicaraan dengan PT Lintas Marga Sedaya (LMS), selaku Badan Usaha Jalan Tol (BPJT) alias pengelola ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan.

"Kami (Jasa Marga dan LMS) saat ini tengah merumuskan pola pembayaran terbaik begitu nanti pembayaranya sudah jadi satu. Pembayarannya seperti apa, teknisnya seperti apa?" ujar Komisaris Jasa Marga, Taufik Widjojono, Senin (25/1/2016).

"Kita harus punya data per ruas. Kita sedang buat kajian umumnya orang masuk dari pintu mana dan banyak keluar di pintu mana? Itu yang sedang kita pelajari, perilaku pengemudinya," jelas Taufik.

Hasil kajian ini sangat diperlukan untuk menetapkan titik keluar mana yang memerlukan penyesuaian, baik berupa penambahan loket pembayaran atau penyesuaian lainya.

Taufik mengakui bahwa kajian ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun ia optimistis, kajian dapat selesai sebelum musim mudik lebaran dan diterapkan sesegera mungkin.

"Mempelajari perilaku itu itu kan butuh waktu. Kita nggak mau kebijakan ini cepat diambil tapi menimbulkan masalah baru nantinya. Tapi saya optimistis, sebelum lebaran sudah bisa diterapkan," pungkas dia.

disadur dari situs detik finance

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...