Masuknya Sandiaga Mendongkrak Suara Sebanyak 70 Persen di Gorontalo

Masuknya Sandiaga Mendongkrak Suara Sebanyak 70 Persen di GorontaloSumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Dipilihnya Sandiaga Uno yang notabenenya merupakan Putra Gorontalo telah membawa dampak signifikan bagi perolehan suara Prabowo di Sulawesi khususnya Gorontalo. Partai Gerinda Gorontalo bahkan mengklaim elektabilitas Prabowo-Sandi langsung naik 70% di Gorontalo.

“Jajak pendapat yang kami lakukan dalam dua hari terakhir menunjukkan respon positif pemilih Gorontalo terhadap Sandiaga Uno. Aangkanya rata-rata di atas 70%. Ini modal awal yang sangat dahsyat. Di luar dugaan,” ungkap Sekretaris DPD Gerindra Gorontalo Tomy Ishak, Sabtu (11/8/2018)

Menurut Tomy, Sandiaga Uno adalah sosok yang tepat untuk meraih suara penuh, terutama dari kalangan Generasi Baru Milenia, khusus Gorontalo. Ia bahkan optimis, Gerindra akan mengulangi kemenangan 2014 yang mencapai lebih dari 60%.

“Ketika Putra Gorontalo, Sandiaga Uno, dipilih Prabowo sebagai Cawapres, maka itu menguatkan basis dukungan di Sulawesi secara keseluruhan, Gorontalo apalagi,” lanjut Tomy Ishak

Sementara itu, pandangan berbeda disampaikan Akademisi Gorontalo Funco Tanipu. Dosen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo (UNG) itu mengatakan, meskipun ada rasa bangga atas dipilihnya putra Gorontalo untuk berdampingan dengan Prabowo, tetapi masyarakat Gorontalo sebagian besar adalah masyarakat yang rasional dan otonom dalam menentukan pilihan. Eksplorasi gagasan dan ide untuk Gorontalo mesti dituangkan secara detail dalam Visi-Misi Capres-Cawapres.

“Mengklaim Sandiaga sebagai orang Gorontalo lalu kemudian euforia, dengan itu akan negatif bagi Sandiaga. Bagaimana pun Indonesia punya ribuan suku, melabeli Sandiaga  dengan satu suku saja (Gorontalo) akan tidak menguntungkan secara politik. Apalagi dalam menghadapi Jokowi yang representasi Jawa abangan dan KH Ma'ruf Amin yang mewakili kalangan santri dan berasal dari Sunda-Banten,” kata Funto Tanipu

Meskipun demikian, Funco mengakui bahwa banyak yang mengapresiasi Sandiaga Uno sebagai Cawapres. Hal ini terlihat dari aktifitas dan dukungan di sosial media serta pembicaraan masyarakat.

Dibandingkan dengan BJ Habibie, Sandiaga Uno dianggap lebih kental ke-Gorontalo-annya, karena intensitas Sandiaga ke Gorontalo serta sering menghadiri acara-acara masyarakat Gorontalo di luar Gorontalo, seperti Lamahu dan KKIG. Ayah Sandi, Om Henk Uno malah sangat dekat dengan komunitas-komunitas aktifitas, akademisi dan tokoh masyarakat Gorontalo.