Skip to main content

Masyarakat Diimbau Waspada Oleh BMKG, Cuaca Ekstrem Meningkat

ilustrasi badai perubahan cuaca
ilustrasi badai perubahan cuaca

WinNetNews.com - Masyarakat diimbau oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) agar mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem yang meningkat hingga berdampak makin banyak kejadian bencana hidrometeorologi di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Meningkatnya bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang di Bandung dan Aceh, tanah longsor di Garut, serta angin kencang di Kalimantan Selatan dalam beberapa hari terakhir dipicu oleh kondisi atmosfer yang sangat labil di wilayah Indonesia," terang Deputi Bidang Meteorologi, BMKG Yunus S Swarinoto di Jakarta, Kamis.

Dia menerangkan, kondisi ini dipicu beragam fenomena, di daerah pertemuan angin sampai dipicu skala atmosfer skala lokal atau skala yang lebih luas.

Untuk beberapa hari ke depan suplai uap air sebagai pendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera dan Jawa relatif tinggi.

Potensi hujan diperkirakan masih terus meningkat untuk seminggu ke depan, khususnya di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

"Masyarakat diimbau berhati-hati ketika beraktifitas di luar rumah pada sore hari. Selain itu khusus untuk daerah perkotaan dan dataran tinggi agar mengantisipasi hujan lebat dengan durasi singkat yang dapat menyebabkan genangan bahkan banjir bandang," pesannya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top