Mata Sering Alami Kedutan, Ini Pertanda Apa Ya?
ilustrasi

Mata Sering Alami Kedutan, Ini Pertanda Apa Ya?

Sabtu, 14 Apr 2018 | 14:05 | Muchdi

WinNetNews.com - Kerap kali mata kita tiba-tiba berkedut, atau gemetaran tanpa alasan. Tidak jarang kita langsung berpikir atau berprasangka bahwa ada sesuatu yang akan terjadi.

Padahal faktanya itu hanyalah sebuah mitos yang kebanyakan orang pikirkan tentang kedutan pada kelopak mata. Namun, apakah arti sesungguhnya dari mata kedutan? Seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman  Allaboutvison, Sabtu (14/4/2018) berikut ini.

1. Stres

Di saat banyak pikiran maupun stres yang berlebihan, tubuh kita cenderung akan memberikan tanda untuk beristirahat.

 Reaksi dari tubuh juga berbeda-beda, bila mata kejang atau berkedut, ini juga sebagai salah satu reaksi dari tubuh. Biasanya, kedutan ini menandakan mata Anda lelah.

2. Kelelahan

Kurang tidur juga menyebabkan mata Anda tiba-tiba berkedut. Usahakan tubuh tetap fit dan tidak terlalu lelah, jangan memaksakan tubuh untuk bekerja terlalu keras. Beri tubuh Anda waktu untuk beristirahat.

3. Masalah Penglihatan

image0

Bila mata Anda sering berkedut, jangan anggap sepele hal tersebut. Tidak ada salahnya mengeceknya ke dokter, bisa jadi kedutan ini adalah masalah pada penglihatan Anda.

4. Kopi dan Alkohol

Terdengar aneh memang, tetapi terlalu banyak mengonsumsi kopi dan alkohol juga faktor utama kedutan.

Cobalah kurangi konsumsi kadar kafein dan perhatikan apakah kedutan masih sering terjadi atau tidak.

 Ganti kopi dengan cokelat atau teh. Hindari konsumsi rutin alkohol, bukan hanya bermasalah pada kedutan, tapi juga akan berdampak buruk bagi tubuh Anda.

5. Mata Kering

image1

Kebanyakan mata berkedut ini terjadi pada orang dewasa, terutama setelah umur 50 tahun. Faktor yang menyebabkan mata kedutan ini juga dikarenakan mata yang lelah dan kering.

 Mata kering biasanya terjadi pada orang yang menggunakan lensa kontak, sebaiknya gunakan tetes obat mata yang khusus untuk mencegah mata kering.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...