Mau Anak Cerdas Sejak Kecil? ini Caranya

Mau Anak Cerdas Sejak Kecil? ini Caranya sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Mendidik Anak Agar Cerdas Sejak Dini, Kecerdasan pada anak selain dari faktor genetik, hal lain yang mempengaruhi kecerdasan atau juga IQ anak adalah dari faktor nutrisi dan juga stimulasi yang tepat baik itu dari orang tua maupun guru.

Dari faktor genetika menyumbang kecerdasan sekitar 40-80 persen. Untuk itu tidak heran apabila orang tua memiliki kecerdasan, maka kecerdasan tersebut akan menurun kepada anak-anaknya. Bagi anda yang ingin memiliki anak yang cerdas, maka anda bisa memperhatikan cara-cara mendidik anak agar cerdas sejak dini.

Untuk cara yang pertama yaitu anda sebagai orang tua bisa memberikan rangsangan pada bayi anda. rangsangan-rangsangan tersebut yaitu dengan melakukan kontak mata. Ketika bayi membuka matanya, maka anda bisa memperlihatkan wajah anda kepada bayi anda. Hal tersebut bertujuan untuk membangun ingatan si bayi.

Rangsangan berikutnya yaitu anda bisa menjulurkan lidah, maka bayi yang baru berusia 2 hari bisa meniru gerakan yang anda lakukan tersebut. Selanjutnya rangsangan yang bisa membuat bayi menjadi jeli yaitu dengan melakukan sederhana yaitu dengan mengangkat dua benda yang berbeda secara bersamaan. Kemudian bayi akan melihat bolak-balik untuk mengamati kedua benda tersebut, dan nantinya bayi bisa memilih salah satu dari kedua benda tadi.

Untuk cara mendidik anak agar cerdas sejak dini yang kedua yaitu ajaklah bayi berbicara, selain itu juga buat bayi anda tertawa. Kemudian buat juga suara-suara secara sembunyi-sembunyi sehingga bayi akan berusaha untuk mencari asal dari suara tersebut. Selanjutnya gelitiklah jari-jari kaki si bayi, hal tersebut bisa membuat bayi tertawa, selain itu juga bisa melatih rasa humor dalam diri bayi.

Untuk cara mendidik anak yang ketiga yaitu penuhilah kewajiban anda setiap ada kesempatan, misalnya yaitu dengan memberikan ASI kapanpun jika anda bisa melakukannya dan juga pastinya ada kesempatan. Hal ini dikarenakan ASI sangatlah baik untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selanjutnya yaitu dengan melakukan perawatan dengan cara bermain, mengajak bicara, bernyanyi dan juga memberikan sentuhan-sentuhan yang lembut.

Untuk cara mendidik anak yang keempat yaitu buatlah anak terbiasa dengan olahraga, misalnya dengan membaringkan anak di lantai, kemudian biarkanlah anak anda merangkak ataupun juga dengan cara menaikannya di atas tubuh anda. Dengan bergerak maka bisa mengembangkan akal si anak.

Dan untuk cara yang terakhir yaitu dengan memberikan nutrisi yang tepat ketika anak berusia 1 tahun. Anda sebagai orang tua bisa memberikan makanan pendamping ASI seperti ikan salmon, telur, selai kacang dan juga yang lainnya.