Mau Bahagia? Begini Caranya!
Foto: Pexels

Mau Bahagia? Begini Caranya!

Rabu, 9 Agt 2017 | 09:45 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Bahagia, salah satu perasaan yang paling banyak dicari seluruh manusia di dunia. Tapi ketika sampai pada definisi makna sebenarnya dari kebahagiaan, keadaan menjadi sedikit lebih rumit. Ini adalah pertanyaan yang masi dicari jawabannya selama berabad-abad, dan itu sering subjektif.

Memang banyak sih sudut pandang dari bahagia. Mungkin karena itulah kita lebih banyak mendengar apa yang dikatakan oleh seorang pakar yang bisa mencerahkan topik bahagia dalam kehidupan.

Chade-Meng Tan, seorang penulis terlaris internasional menjelaskan bahwa dia sangat percaya akan definisi kebahagiaan Buddhis Matthieu Ricard tentang kebahagiaan, yang merupakan "perasaan mendalam akan berkembang yang berasal dari Pikiran yang sangat sehat [bukan] perasaan yang hanya menyenangkan, emosi sekilas, atau suasana hati, tapi keadaan optimal."

Kita sudah tahu secara ilmiah bahwa uang dan materialisme cenderung hanya menawarkan kebahagiaan jangka pendek, dan Tan juga mengungkapkan cara lain untuk mengubah bagaimana kita menemukan kegembiraan, berkat budaya Bhutan di Himalaya. Alih-alih mencari kebahagiaan sebagai hasil dari "kesenangan sensual dan ego," dia menekankan untuk membina hubungan yang bermakna dan penuh perhatian dengan orang-orang dan dengan Bumi.

Itu tidak semua: Tan juga menyarankan bahwa alih-alih melihat kebahagiaan sebagai tujuan akhir, kita harus berusaha untuk membebaskan dari penderitaan, untuk diri sendiri dan untuk semua makhluk hidup. Begitu masyarakat dapat mengambil langkah menuju perdamaian, katanya, kebahagiaan hanya akan menjadi efek samping yang menguntungkan. Dia juga setuju kalau melakukan tindakan kebaikan secara acak, yang dapat membuat kita menjadi orang yang lebih bahagia, itulah tujuan yang bisa kita dapatkan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...