Mau Berlibur Ke Pulau Belitung? Berikut Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Mau Berlibur Ke Pulau Belitung? Berikut Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Senin, 11 Apr 2016 | 19:02 | Kontributor
WinNetNew.com - Pamor Pulau Belitung saat ini sangat meningkat tajam. Pulau Belitung sudah menjadi primadona baru para travelers di Indonesia maupun mancanegara. Semenjak dahulu Belitung adalah salah satu pulau terkaya yang dimiliki oleh Indonesia karena menjadi penghasil timah terbesar di Indonesia.

Pulau ini namanya semakin mencuat sejak pemutaran film Laskar Pelangi yang mengambil tempat suting di Pulau Belitung. Semenjak itu banyak para travelers yang penasaran dengan keindahan Pulau Belitung berlomba-lomba untuk kesana.

Untuk para travelers yang ada keinginan untuk berlibur ke Pulau Belitung namun mempunyai dana yang minim, maka perlu dipertimbangkan jalur perjalanan yang akan diambil. Karena Belitung merupakan pulau kecil di tengah samudera, maka perjalanan mencapai Belitung dapat dilakukan dengan 2 cara. Jalur udara dan jalur laut.

Menggunakan jalur udara (pesawat terbang)

image0

Merupakan cara yang terbaik karena hemat waktu. Walaupun harga tiket pesawatnya sendiri bisa lebih besar dari kebutuhan akmodasi dan transportasi di Pulau Belitung itu sendiri. Jadwal penerbangan ke Belitung sementara ini hanya dilayani dari :

  • Jakarta (Bandara Soekarno Hatta) ke Tanjung Pandan (Ibu kota Kabupaten Belitung) yaitu Bandara H.AS Hanandjoeddin. Dilayani oleh meskapai Sriwijaya Air, Batavia Air, dan Sky Aviation dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Harga tiket yang ditawarkan berkisar 450 ribu – 750 ribu sekali jalan.
  • Palembang ( Bandara Sultan mahmud Badaruddin II) ke Pangkal Pinang, Ibukota Propinsi Bangka Belitung. Rute penerbangan dilayani oleh meskapai Sriwijaya Air dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Harga tiket yang ditawarkan berkisar 450 ribu -750 ribu sekali jalan.
  • Batam ke Pangkal Pinang. Rute penerbangan dilayani oleh Sky Aviation. Harga tiket yang ditawarkan berkisar 450 ribu- 750 ribu sekali jalan.
  • Pangkal pinang ke Tanjung Pandan dilayani oleh Sky Aviation. Dengan harga tiket sekitar 400 ribu sekali jalan.

Travelers harus memperhatikan, untuk rute Pelembang ke Pangkal Pinang maupun Batam ke Pangkal Pinang pada hari hari tertentu memiliki jadwal transit di Jakarta. Pastikan penerbangan anda memiliki tujuan langsung ke Pangkal Pinang.

Jalur laut (menggunakan Kapal cepat atau feri)

image1

Bagi travelers yang berdomisili di Sumatera Selatan, Jambi, dan Lampung maka anda memiliki pilihan akses lain yaitu melalui jalur laut. Ongkosnya tentu saja lebih murah daripada tiket pesawat terbang.

  • Pelancong dari Jambi dan Lampung bisa naik bus terlebih dahulu ke Palembang tepatnya ke Pelabuhan Boom Baru ke Palabuhan Tanjung Kalian Muntok selama 3 jam dengan kapal cepat jetfoil. Kisaran harga tiket adalah 165 ribu untuk sekali jalan.
  • Sedangkan rute dari Pangkalpinang ke Tanjung Pandan tersedia oleh KM Bahari Express melalui Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang. Kisaran harga tiket ekonomi adalah 140 ribu dan tiket eksekutif 170 ribu.
  • Untuk wisatawan dari Pontianak, Tanjung Priok (Jakarta), Semarang, dan Surabaya juga bisa menggunakan jalur laut menggunakan Kapal milik Pelni yaitu KM Leuser. Harga tiket sekitar 121 ribu sekali jalan.
Travelers harus memperhatikan ketika memesan tiket. Seringkali orang salah memesan tiket dengan tujuan menuju Belitung malah salah membeli tiket tujuan Bangka. Karena kedua pulau ini memang sering disamakan padahal berbeda. PULAU BELITUNG dan PULAU BANGKA adalah dua pulau yang berbeda. Masing-masing memiliki bandaranya sendiri. Bandara di Belitung adalah HAS Hanandjoeddin dan bandara di Bangka adalah Depati Amir, juga jangan sampai salah dengan Tanjung Pinang Kepulauan Riau.

Setelah sampai di Tanjung Pandan maka langkah selanjutnya mencari sarana transportasi darat untuk mencari objek wisata dan penginapan yang diinginkan. Pilihannya ada pada sewa mobil karena Belitung belum memiliki taksi. Sebuah Toyota Kijang van/minibus disewakan seharga Rp 450.000 per hari termasuk sopir, diluar bensin. Anda kira-kira memerlukan Rp 200.000 lagi untuk membeli bensin untuk melakukan perjalanan selama 2 hari di daerah pantai. Kecuali anda ingin berpergian ke daerah lain seperti Manggar, Gantung, Kelapa Kampit atau Membalong.

Dari bandara, anda akan mencapai kota Tanjungpandan (15km dari bandara) dalam waktu 10 menit dan Tanjung Tinggi atau Tanjung Binga dalam waktu 35 menit (30km dari bandara). Kondisi jalan dari bandara ke kota dan daerah pantai sangat mulus. Untuk memudahkan perjalanan maka lokasi penginapan di Tanjung Pandan adalah yang paling pas. Harga penginapan mulai dari 100 ribu rupiah per malam untuk 2 orang dan sarapan.

Bila tidak memperpanjang sewa mobil, maka ada alternatif lain untuk sewa motor dengan harga 80 -100 ribu per 24 jam. Pintar-pintarlah menawar harga. Sediakan peta, karena minim penanda arah. Bila memungkinkan anda bisa memanfaatkan sarana GPS. Beberapa tempat wisata yang direkomendasikan di Belitung antara lain Vihara Dwi Kwan I'm, Pantai Burung Mandi, Pasar Laskar Pelangi, SD Muhammadiyah Gantong (Laskar Pelangi), Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Batu Berlayar, Pulau Pasir, Pulau Burung, Pulau Lengkuas, dan masih banyak lagi. Tak lupa mengunjungi toko cinderamata untuk membeli suvenir khas Belitung.

Bila dihitung-hitung biaya perjalanan ke Pulau Belitung secara kasar mencapai 2 juta rupiah/orang untuk tiket pesawat pulang pergi dari jakarta ke tanjung pandan dan sewa mobil dari bandara. Belum termasuk akomodasi dan konsumsi. Sedangkan bila menggunakan kombinasi pesawat terbang dan kapal laut maka estimasi biayanya mencapai 1 juta rupiah untuk pulang pergi. Belum termasuk akomodasi dan konsumsi. Silahkan memilih mana yang sesuai dengan dana anda

Dilansir dari berbagai sumber

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...