Mau Bikin Soto Betawi untuk Menu Buka Puasa? Nih Tipsnya Biar Sotonya Harum & Gurih!
trik bikin soto betawi harum & gurih untuk buka puasa ? foto: istimewa

Mau Bikin Soto Betawi untuk Menu Buka Puasa? Nih Tipsnya Biar Sotonya Harum & Gurih!

Senin, 28 Mei 2018 | 09:49 | kontributor

winnetnews.com - Soto khas Betawi memakai paduan susu dan santan. Rasanya gurih dengan aroma harum rempah. Enak dihirup hangat. Kalau mau membuat sendiri, beberapa tips ini perlu diperhatikan.

Soto Betawi merupakan jenis soto populer di Jakarta. Seperti halnya soto Madura, soto Betawi juga punya isian komplet seperti potongan daging serta jeroan. Variasi soto Betawi berbeda-beda pada warna kuahnya. Ada yang berwarna putih hingga kemerahan.

"Warnanya berasal dari campurannya. Kalau putih menunjukkan bahwa kuah kaldunya tidak diberi campuran cabel dan rempah terlalu banyak," tutur Astrid Enricka dari ACMI (Aku Cinta Makanan Indonesia).

Untuk menghasilkan kaldu yang gurih serta daging yang empuk, daging bagian sengkel jadi pilihan tepat. "Sekitar 1 Kg daging sengkel dipotong menjadi tiga bagian dan direbus dengan api sedang selama 1 jam," jelas Astrid.

Bumbunya terdiri dari bawang putih, bawang merah, lada, daun jeruk, serai, kayu manis, kapulaga dan star anise (pekak). "Bawang putih, bawang merah dan lada dihaluskan dan ditumis dengan minyak samin. Minyak samin bisa diganti dengan margarin atau mentega," ungkapnya. Minyak samin akan memberi rasa gurih sekaligus harum yang khas.

Bumbu yang sudah ditumis ditambahkan ke dalam air kaldu. Setelah itu masukkan santan dan susu. "Santan dan susu perbandingannya bisa 1:1. Perpaduan antara susu dan santan bisa menghasilkan rasa yang lebih ringan tidak terlalu berlemak," tambahnya.

Setelah matang, barulah daging sengkel rebus diiris kecil-kecil. Sajikan soto Betawi bersama dengan taburan bawang goreng, irisan daun bawang, tomat, kentang goreng dan juga acar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...