Mau Jadi PNS Teladan? Ini Dia Caranya

Mau Jadi PNS Teladan? Ini Dia Caranya

WinNetNews.com - Aparatur negara yang memiliki kinerja buruk dan menghambat pelayanan publik di Tanah Air menjadi latar belakang rencana PANRB yang akan merumahkan 1 juta PNS dalam periode 2017-2019. Tentu saja pemerintah tidak akan sembarangan melakukan pemecatan. Tentu akan ada kriteria tertentu yang akan jadi dasar penilaian. Nggak mau jadi salah satu pegawai yang pensiun dini kan winners? Nah ikuti cara ini jika tidak ingin dipecat dini.

1. Memiliki kompetensi dan kinerja tinggi

Pegawai dengan kualitas ini tidak akan dipecat, justru akan dipertahankan bahkan dipromosikan. Jangan menghindar dari tugas-tugas yang diberikan atasan, dan jangan takut bekerja beberapa jam lebih lama atau lembur. Pastikan Anda mengusai bidang yang Anda kerjakan dan dapat memberikan kontribusi positif di mana Anda bekerja.

2. Tak takut menerima kritik dan saran

PNS yang baik adalah pegawai yang selalu ingin berkembang dan siap memperbaiki kinerja di kantor. Jangan takut atau tersinggung saat seseorang memberikan kritik dan saran kepada Anda, terutama jika hal tersebut berasal dari atasan. Kritik dan saran dari atasan dapat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan penting.

3. Jujur dan berintegritas

Jika Anda menemukan rekan kerja yang bermasalah, langkah yang tepat untuk tempat Anda bekerja adalah tentu mengingatkannya. Jika setelah peringatan dari Anda ia tetap tidak berubah, maka Anda wajib melaporkannya. Pegawai yang jujur dan berintegritas akan menjadi pegawai yang dapat dipercaya oleh atasan. Kepercayaan dari atasan bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan, untuk itu Anda harus selalu menjaga kepercayaan yang diberikan atasan kepada Anda dengan baik.

4. Dapat diandalkan

Pegawai yang dapat diandalkan tentu akan dipertahankan oleh atasan. Jika Anda dipercaya oleh atasan untuk mengerjakan tugas-tugas yang sulit bahkan menyelesaikannya dengan gemilang, Anda tak akan menjadi salah satu pegawai yang dilepaskan. Tunjukkan kepada atasan bahwa Anda tak takut dan mampu mengerjakan tugas yang sulit. Hal ini justru akan menjadi tantangan bagi Anda, dan akan melatih Anda menjadi pegawai yang semakin terampil dan berkemampuan baik. Promosi pun akan ada di depan mata.

5. Menggunakan waktu dengan produktif

Banyak PNS yang dianggap merugikan negara karena tidak dapat melakukan tugas dalam waktu yang seharusnya, sehingga banyak waktu terbuang tanpa ada pekerjaan yang terselesaikan dengan baik. Anda harus menunjukkan bahwa Anda bekerja secara efektif dan efisien, serta tidak membuang-buang waktu dalam melakukan pekerjaan. Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan, Anda harus menjaga fokus dan menghilangkan berbagai gangguan dalam pekerjaan seperti terlalu banyak memegang ponsel.