Mau Kurus? Cukup Makan Ini Saja!

Mau Kurus? Cukup Makan Ini Saja! Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Obesitas atau kegemukan adalah salah satu fak­tor risiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskular. Sayangnya, masyarakat sering salah dalam memilih asupan makanan. Bukannya memilih makanan sehat yang rendah lemak, gula dan karbohidrat, justru lebih memilih makanan tinggi garam dan kalori.

Hal yang paling sederhana adalah membuat daftar makanan apa saja yang sehat untuk dikonsumsi. Dilansir dari Boldsky, Ahad (4/2), ada sejumlah makanan rendah kalori yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

1. Salad

Salad adalah salah satu makanan rendah kalori yang menurunkan berat badan. Salad terbuat dari sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, tomat dan zaitun. Semuanya mengandung vitamin C dan antioksidan. Saran, kukuslah sayuran berdaun hijau sebelum dikonsumsi. Untuk sausnya, sebaiknya hindari mayonnaise.

2. Apel

Apel mengandung pektin, zat yang membuat tubuh merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Mereka mengandung serat yang mengisi perut dengan sangat cepat. Tambahkan ke dalam oatmeal atau salad buah. Tambahkan pada sandwich untuk sentuhan rasa manis.

3. Stroberi

Stroberi adalah makanan rendah kalori dan dikemas dengan antioksidan dan vitamin C. Beberapa buah stroberi akan menurunkan 50 kalori. Padukan dengan salad, smoothie dan yogurt.

4. Oatmeal

Oatmeal menyerap banyak air dan memberikan serat. Oatmeal juga merupakan makanan rendah kalori, sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

5. Telur

100 gram telur hanya mengandung 52 kalori dan kalori tersebut dikemas dengan protein. Rebus telur untuk sarapan atau telur orak-arik yang hanya 80 kalori saja. Jangan membuang kuning telur karena memiliki lebih banyak protein.

6. Kentang

Meskipun kentang mengandung karbohidrat tinggi, kentang juga mencegah rasa lapar lebih lama dan mengandung vitamin. Kukus kentang atau memanggangnya di oven dengan kulit.