Mau Makan Mie Instan Terus? Pikirin ini Dulu Deh!
Nutrisi dalam Mie instan / foto: Istimewa

Mau Makan Mie Instan Terus? Pikirin ini Dulu Deh!

Jumat, 5 Mei 2017 | 10:12 | kontributor

winnetnews.com - Salah satu makanan yang praktis dan harganya murah adalah mie instan. Karena praktis, makanan ini banyak jadi makanan favorit orang Indonesia. Apalagi harganya yang murah bisa ramah di kantong. Banyak mitos tentang makan mie instan. Banyak yang bilang kalau mie instan tidak baik untuk kesehatan. Tapi kenapa di luar negeri seperti Jepang, Korea, dan Cina hampir setiap hari penduduknya makan mie instan?

Menurut ahli gizi, Leona Victoria Djajadi, MND, seperti yang dilansir dari laman Detik, bahwa konsumsi mie instan setiap hari tidak dianjurkan. Penyebabnya karena mie instan meskipun mengenyangkan tetapi memiliki kandungan nutrisi yang tidak lengkap.

Ada dua jenis varian mie instan yaitu mie goreng dan rebus. Untuk mie rebus banyak orang yang memilih untuk mengganti air rebusan mie instan dengan air panas baru. Hal ini sejalan dengan pendapat Victoria yang menyarankan untuk membuang air rebusan mie instan. Karena rebusan pertama mengandung lebih banyak pati dan sisa pewarna yang berwarna kuning. Konsumsi mie terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas.

Meskipun konsumsi mie instan mengenyangkan, tapi kamu akan merasa cepat lapar lagi, karena kebutuhan mikronutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi. Sehingga dapat memancing kita untuk selalu makan untuk memenuhi kebutuhan mikronutrisi tersebut.

Disarankan konsumsi mie instan maksimal 4 kali atau 1 kali dalam seminggu. Berbahan utama karbohidrat, jika hanya mie yang dikonsumsi tentu tidak masuk dalam gizi seimbang. Victoria menyarankan untuk meracik mie yang lebih sehat dengan beberapa cara yaitu menggunakan air kaldu buatan sendiri, ditambahkan dengan banyak sayuran rebus dan menambahkan protein yang baik sepetri telur atau ayam suwir. Jadi kamu harus pertimbangkan lagi ya kalau mau konsumsi mie instan setiap hari!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...