Mau Mudik Naik Motor? Jangan Lupa Siapkan 5 Hal Ini Ya!
Foto: suararakyatindonesia.org

Mau Mudik Naik Motor? Jangan Lupa Siapkan 5 Hal Ini Ya!

Senin, 19 Jun 2017 | 08:19 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Lebaran sebentar lagi. Sepertinya jalanan di ibukota sudah mulai dihiasi para pemudik, terutama pemudik yamg menggunakan sepeda motor dan bus. Memang kedua angkutan tersebut sangat populer disaat musim lebaran. Terlebih lagi para rider yang sudah siap menjajal jalanan demi bisa sampai ke kampung halaman.

Khusus bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor, apa saja sih persiapan yang harus dibawa sebelum pulang kampung?

1. Siapkan fisik

Ya, mudik dengan menggunakan sepeda motor akan menguras banyak tenaga. Kamu akan terus terjaga dari pagi sampai malam. Stamina tubuhmu harus selalu sehat. Biasakan untuk makan makanan yang menambah tenaga seperti telur dan vitamin, agar kamu gak mudah sakit saat perjalanan.

2. Perhitungkan waktu istirahat

Karena mudik naik motor menguras tenaga, kamu perlu memperhitungkan perjalanannmu. Istirahatkan tubuhmu selama 2 atau 3 jam sekali. Jangan terlalu memaksa tubuh jika sudah lelah, karena akibatnya bisa fatal, seperti kecelakaan.

3. Service motor sebelum berangkat

Sudah cek rem, mesin, atau tekanan ban motor? Kalau belum, segeralah dicek. Jangan sampai perjalanan mudikmu menjadi terhambat karena masalah-masalah yang sebenarnya tidak perlu ada.

4. Persiapkan peralatan yang diperlukan

Jangan lupa membawa jas hujan, obat-obatan, masker, dan sarung tangan. Karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi nanti saat perjalanan mudik.

5. Pasang box untuk barang

Biar mudik gak kebanyakan barang, kamu juga bisa memasang box dibelakang motor. Dan keuntungan lainnya adalah kamu bisa senderan, hehehe.

6. Siapkan uang pas

Nih bagi kamu yang doyan jajan di jalan, siapkan uang pas dikantong celanamu. Jangan sampai kamu harus mencari mesin ATM untuk mengambil uang. Cek juga surat-surat lengkap seperti SIM dan STNK.

7. Gunakan jaket pelindung

Karena perjalanannmu jauh, kamu perlu menggunakan jaket pelindung untuk melindungi bagian dada dari humbusan angin yang sangat kencang. Kalau bisa cari pelindung dada yang tebal dan nyaman dikenakan. Kesehatan lebih penting, kan?

8. Dan gunakan helm SNI

Ya, kalau yang ini sih sudah pasti wajib bagi pengendara dan penumpang motor. Karena kepalamu adalah bagian terpenting yang harus dilindungi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...